by

Langkah Konkret PJ Gubernur DKI Jakarta

Oleh : Arya Hadi Darmawan

Sodetan dan Saluran Komunikasi “Pengaduan Warga” adalah dua hal yang ditentang oleh tesis pembangunan ala Pemda DKI Jakarta 2017-2022. Kedua hal itu dulu pernah menjadi tesis pembangunan Pak Ahok saat memerintah di DKI Jakarta 2014-2017. Namun kemudian hilang di periode 2017-2022. Kini kedua tesis pembangunan model pak Ahok itu dihidupkan kembali. Sangat melegakan.

—-

Bapak Pejabat Gubernur Jakarta yang baru, Bp. Heru, memulai hari pertamanya 17.10.2022 sebagai gubernur DKI Jakarta dengan mencanangkan dua hal yaitu:

(1) Melanjutkan proyek sodetan Kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur untuk melepaskan genangan banjir di Jakarta agar segera melaju ke laut. Proyek Sodetan yang digagas di masa pemerintahan pak Ahok bersama Kementerian PUPR, tercatat berhenti tanpa berita selama pak Ahok tidak lagi menjadi Gubernur. Penghentian proyek sodetan menjadi antitesis bagi konsep pembangunan pemerintahan DKI Jakarta, sepanjang 2017-2022. Dengan dihidupkannya kembali proyek sodetan, kini pak Heru menghidupkan tesis pembangunan di jaman pak Ahok. Tesis pembangunan pak Ahok hendak dikebut sepanjang 2022-2024. Walau tak banyak waktu tersisa, semoga masih bisa dikejar.

(2) Membuka kembali saluran komunikasi “pengaduan warga” ke Pemda yang dulu pernah ada di masa Gubernur Ahok. Warga sangat merasakan kedekatan antara Gubernur dengan warganya melalui saluran komunikasi “pengaduan warga” ini. Aneka rupa persoalan warga di era 2014-2017 diadukan ke gubernur dan ditangani langsung oleh Gubernur Ahok saat itu. Tesis komunikasi ala Ahok ini hilang di masa pemerintahan 2017-2022. Semoga program “saluran komunikasi pegaduan warga” ala Pak Ahok ini menjadi tesis komunikasi pemerintah DKI Jakarta yang baru saja dilantik, di bawah pak Heru. Semoga hal ini bisa memberikan harapan baik kepada publik.

Salam semangat Pak Heru, Pejabat Gubernur DKI Jakarta 2022-2024.

Selamat bekerja.

Sumber : Status Facebook Arya Hadi Dharmawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed