by

Kesambet

Oleh : Pitoyo Hartono

hari2 ini saya belajar kata2 baru: kesambet, yg dipopulerkan oleh cak whatever, yg katanya budayawan dan rohaniwan.

Sejujurnya, saya nggak ngerti dan nggak juga peduli artinya. Tapi dari struktur katanya saya asumsikan kata asal dari kesambet adalah sambet. Sehingga kesambet bisa diartikan tidak sengaja terkena sambet.

Dari situ:

1. me-sambet -> menyambet: berarti melakukan sambet.

contoh kalimat: Saya menyambet dia di hari minggu (entah si dia jadi apa karena saya sambet)

2. di-sambet-> disambet: bentuk pasif dari sambet.

contoh kalimat: dia disambet sehari dua kali (sekali aja seperti contoh si cak something udah keliatan goblok, gimana kalo dua kali ya?)

contoh 2: loe bokis banget mau menyambet tp kagak mau disambet !

3. ter-sambet-> tersambet: tidak sengaja terkena sambet, bentuk kasarnya: ke -sambet -> kesambet

contoh kalimat: maaf saya nggak bermaksud menghina presiden, saya kesambet. Jadi ini bukan salah saya dong, salah yg menyambet.

contoh2: dia mudah kesambet karena ilmu agamanya lemah, nggak kayak akyu.

4. Pe-sambet->penyambet: orang yg menyambet.

contoh kalimat: setelah bertapa dalam goa dia jadi penyambet yg lihai.

5. pe-sambet-an -> penyambetan: perbuatan menyambet.

contoh kalimat: penyambetan si cak bodoamat itu berlangsung pada hari jumat, dan pada hari sabtu dia jadi tolol.

contoh2: penyambetan dilakukan secara aktif, masif dan terstruktur.

6. sambet-sambet-an-> sambet-sambetan: saling menyambet

contoh kata: jangan sambet-sambetan malem2, nanti loe semua jadi goblog, atau, jangan sambet2an gitu ah, Allah nggak sukak.

contoh2: kedua kubu saling menyambet yg mengakibatkan mereka menjadi mirip goblognya, macam cebong & kampret di pemilu lalu.

7. sambet-an -> sambetan: kata benda dari sambet.

contoh kalimat: sambetan gue maut banget, siapa yg terkena pasti auto goblog.

8. pra-sambet: kondisi sebelum disambet atau tersambet. Post-sambet: kondisi setelah tersambet atau disambet.

contoh kalimat: tampangnya pra-sambet ngomblohi, post-sambet ndomblehi.

Ngomong2, kenapa dia baru mengenalkan kata2 maut ini sekarang ya ? Mungkin kalau dari dulu2, si Ahok bisa bilang: maap gue kesambet dan bebas dari penjara. Apes loe Hok !

Tapi yg jelas, mulai detik ini segala kesalahan saya terjadi karena saya kesambet, sehingga yg menyambet yg harus bertanggung jawab !

Siapa yg menyambet ? Ya mana gue tahu, masa dia bilang2 ?

Paham ?

Sumber : Status Facebook Pitoyo Hartono

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed