by

Kegigihan

Oleh : Erizeli Jely Bandaro

Ada kisah yang saya baca melalui majalah intisasi tahun 78 yaitu kisah seorang cacad karena cerebral palsy ( lemah karena cedera otak ). Kisah ini menjadi inspirasi saya sampai kini. Betapa tidak ?Tuhan menunjukan kepada semua orang bahwa sukses milik semua orang yang terlahir kedunia. Namanya BIll Porter. Karena cacatnya dia dapat kerjaan atas belas kasihan orang kepadanya. Namun pekerjaan itu tidak bisa bertahan lama. Pada akhirnya orang harus menyerah akan kondisi phisiknya yang cacat. Dia pun tersingkir.

Lantas pekerjaan apa yang cocok untuk dia agar orang membayarnya tanpa orang merasa mendonasinya?. Jalan yang tepat adalah sebagai salesman. Kamu bisa bayangkan, seorang cacat yang lemah bergerak maupun bicara, harus berkompetisi dengan orang yang normal. Ini terasa tidak adil. Namun Bill Porter tidak merasa di perlakukan tidak adil. Dia merasa senang ketika ada perusahaan yang mempercayainya menjual produk. Pekerjaan ini di laluinya dengan kegigihan luar biasa. Walau dia sadar bahwa barang yang di jualnya terlalu mahal di bandingkan yang di jual di toko. Lebih mudah didapat di mana saja. Apakah mungkin dia akan berhasil ?

Ternyata dia berhasil. Tapi apakah itu mudah ? Tidak !. Setiap pagi dia bangun dini dan jam 5.30 sudah melakukan persiapan untuk melakukan pekerjaan sehari harinya sebagai penjual yang harus keliling door to door menempuh perjalanan lebih dari 10 KM.. Kegigihannnya membuahkan hasil dan dia mendapat award sebagai salesman terbaik yang mengalahkan orang orang normal. Ketika pasar consumer goods semakin lesu karena banyak muncul toko retail di mana mana namun dia tetap berjaya.

Apa kunci suksesnya ? Semangat atau passion yang tinggi. Dia tidak mengenal istilah pertemuan yang gagal. BIla transaksi gagal dia berusaha membuat orang jatuh cinta kepadanya dan menjadi sahabatnya. Dari sanalah terus berkembang menjadi deal yang terhubung karena lingkaran persahabatan. Satu sama lain saling mempromosikan dagangannya dan lebih dari pada itu dia mampu menyentuh hati orang untuk memahami kekurangannya tanpa berharap orang mengasihaninya. Bila dia sukses memang dia pantas mendapatkannya karena dia punya asset luar biasa , yaitu CINTA.

Anak ku..ketika kau terlahir kedunia , kamu adalah sebaik baiknya ciptaan Tuhan. Kamu adalah insan terkasih dari sang Maha Pencipta. Karenanya tidak ada alasan kamu harus mengeluh karena kekuranganmu. Tidak ada alasanmu berkeluh kesah karena kalah bersaing dengan orang lain. Kalau sekarang kamu belum sukses maka itu bukanlah karena kamu tidak beruntung tapi karena memang kamu perlu lebih gigih berjuang. Kegigihan itulah asset mu untuk menjadi pemenang terhadap takdirmu dan menemukan dirimu bahwa betapa hebatnya kamu di ciptakan Tuhan, dan tentu karena itu kamu akan pandai bersyukur..

Pahamkan sayang..** (ak)

Sumber : Facebook Erizeli Jely Bandaro

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed