by

Kaya Mendadak

Temanku ini sudah sering bisnis, tapi banyak gak jalannya. Dia seperti orang yang masih belum ketemu, “Gua bisnis apa ya ?” Setiap melakukan sesuatu, masalah sedikit, terus berhenti. Belum lagi kalau ternyata ada bisnis yang lebih mudah mendapatkan uang. Bisa dia tinggalkan kerjaan sebelumnya dan beralih ke bisnis baru. Dan ya, seperti biasa, gagal lagi.
Sekarang, karena marak berita tentang harga Bitcoin yang gila2an, apalagi Elon Musk investasi kesana, dia pengen kesana juga. Saya bilang ke dia, “Bro, Elon Musk mau kalah triliunan juga, uangnya masih puluhan triliun. Lu kalo kalah jutaan, langsung mencret..”
Main Bitcoin banyak yang kaya. Itu betul. Tapi yang dilihat orang selalu hasil akhirnya, yaitu dia sukses. Orang suka gak mau melihat proses, bagaimana cara dia kaya ? Pokoknya, kalau dia bisa kaya, gua juga pasti bisa. Yang penting yakin. Akhirnya kejeblos. Marah2. Nangis. Trus, seperti biasa, pinjam uang utk makan karena uangnya habis dipertaruhkan..
Buat saya, uang itu dampak bukan tujuan.
Uang akan hadir ketika kita mencintai apa yang kita lakukan. Karena cinta, kita belajar prosesnya. Bukan hanya belajar, kita juga terjun di dalamnya. Dan seperti cinta juga, hubungan itu kadang naik kadang turun. Banyak gagalnya, tapi satu keberhasilan bisa mengubah segalanya. Yang penting, waktu gagal, bisakah kita tidak menyerah pada kegagalannya ? Jangan cuma cinta pada keberhasilannya doang..
Kalau gak ada rasa cinta pada bisnis itu, mending menjauh. Sebisa mungkin, carilah yang “passion” kita ada disana. Karena bisnis itu juga punya jiwa. Kalau kita ga click dengan dia, atau menaruh jiwa kita disana, jangan harap kaya. Gali lubang tutup lubang adanya. Dan akhirnya kita restart lagi dengan sesuatu yang sama sekali baru..
Saya udah ngerasain banyak kegagalan di bisnis, mulai buka resto, main proyek sampe pulsa elektrik. Akhirnya, selama perjalanan panjang mencari itu, ketemulah passion sebenarnya, yang kalau diingat2, ternyata itu sudah kesukaan sejak kecil..
Ditawarin Bitcoin karena banyak orang kaya mendadak ? Gak lah. Kalau banyak orang kaya karena main uang Crypto, ya Alhamdulillah, tapi itu bukan gua. Saya kenal diri saya sendiri. Daripada bermain di wilayah yang gak dikenal, mending fokus di area yang kita familiar..
Bisnis itu sebenarnya perjalanan. Prosesnya lah yang bikin nikmat. Jatuh bangunnya bisa jadi cerita menarik nantinya. Lagian, orang kaya banyak. Tapi menjadi orang berguna buat banyak orang, itulah sesungguhnya yang dahsyat..
Ah, jadi pengen ngopi malam2 gini..
Seruputtt..
(Sumber: Facebook Denny Siregar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed