by

Kasus Brigadir J, Belum Terang Benderang

Oleh : Karto Bugel

Referensinya, kita ambil dari perintah Presiden saja. Konon, bahkan pak Jokowi telah bicara masalah ini lebih dari 3 kali. Ini jelas perintah sangat clear, tanpa butuh penjelasan lagi. Buka dengan sejujur jujurnya.

Itu bermakna selesaikan dengan terang benderang. Sejernih-jernihnya dalam maksud tak ada lagi layer meski tipis sekalipun.

Mampukah Kapolri?

Menurut Kepala Pusat Kajian Keamanan Nasional Universitas Bhayangkara Hermawan Sulistyo, Kapolres Jakarta Selatan itu dinonaktifkan karena sebab adanya dugaan telah membersihkan tempat kejadian peristiwa (TKP) terkait tewasnya Brigadir J.

Bila kisah seperti ini saja sudah berani dipublis, mustahil bukan karena sinyal dari pejabat yang lebih tinggi. Seorang Kombes yang juga Kapolres dinonaktifkan dengan alasan spesifik dan diberitakan, tak mungkin tanpa referensi cukup.

Artinya, ada kemajuan significant dari penyelidikan itu.

Tak cukup hanya si Kombes disebut, Bharada E pun telah dinyatakan sebagai TSK. meski terkesan buru-buru, itu justru seperti ingin menegaskan arah penyidikan yang kini seolah berbalik. Subyektif kita bicara bahwa polisi seakan mendengar tuntutan publik.

Itu terkait penetapan TSK Bharada E yang telah diumumkan. Penetapan TSK oleh penyidik berbicara tentang minimal 2 alat bukti yang cukup. Dia disangkakan dengan Pasal 338 KUHP (pembunuhan) juncto Pasal 55 KUHP dan juncto Pasal 56 KUHP.

Itu artinya akan ada dan hadir TSK yang lain, TSK dengan peran jauh lebih besar.

Kenapa?

Karena pasal 338 juncto pasal 55 KUHP bicara tentang BERSEKONGKOL dan juncto pasal 56 KUHP adalah terkait sebab IKUT SERTA. Artinya, Bharada E pada kisah ini BUKAN aktor utama. Ada aktor lain yang belum ditetapkan.

Jangan tanya siapa dia, itu kewenangan penyidik. Kita masih diminta untuk sabar dan rela menunggu.

Apakah ini serta merta berarti akan menuju titik terang, bila seolah butuh waktu lama, seperti kata pak Mahfud MD, “Ini tidak sama dengan kriminil biasa, ada psycho hierarchy”, ya, meski lama saya yakin ini memang sedang menuju terang seperti perintah Presiden.

Bila masih tidak pun, ketika perkara ini sampai di Pengadilan, sidang akan jauh lebih seru dibanding sidang kasus sianida dalam kopi yang membuat Jessica dipenjara.

Ini akan lebih seru karena penelanjangan akan dilakukan tanpa sungkan. Padahal, di sana ada tersangkut banyak saksi dan bukti yang terhubung dan maka harus hadir sosok berpangkat tinggi itu berikut keluarga yang namanya juga disebut.

Sumber : Status Facebook Karto Bugel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed