Kangen Wayang

Tersebutlah nama Ki Seno Nugroho, seorang dalang yang moncer dalam beberapa tahun ini. Saya menyukainya mungkin karena saya termasuk generasi muda yang suka dengan inovasi dalam cerita dan metode pertunjukan wayang. Soalnya kan ada dalang yang sangat berpegang teguh (kaku) pada pakem, baik lakon (cerita) nya maupun gaya permainannya. Itu ya bagus untuk mempertahankan tradisi. Nah, saya suka Ki Seno karena style inovasinya termasuk interaksinya dengan waranggana (sinden/penyanyi) dan niyaga (penabuh gamelan). Bahkan dalam manajemen pertunjukannya sudah pakai live streaming dan bergaya youtuber.

Kalau Ki Seno memainkan Bagong, wah saya bisa kepingkel-pingkel.. sejenak melupakan keruwetan2 media sosial. Mangkane akhir-akhir ini saya nonton wayang sampe larut malam, lagian masih jetlag Ramadhan. Eee mungkin juga ini karena kangen Bapak almarhum

Saya berdoa agar pandemi segera usai, agar para seniman pertunjukan, khususnya pertunjukan tradisional seperti wayang bisa pentas dengan leluasa lagi.. mendapatkan penghidupan yang baik.

Sumber : Status facebook Alim

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *