by

Jurus Kuda-Kuda

Oleh : Ahmad Sarwat

Yang pernah belajar ilmu bela diri pasti tahu bahwa kuda-kuda itu bukan jurus, tapi posisi dasar dalam ilmu bela diri. Mau apapun cabang bela dirinya, tentu ada istilah kuda-kuda sebagai posisi dasar. Begitu juga Al-Quran dan As-Sunnah, tidak bisa disebut sebagai cabang ilmu. Sebab Al-Quran dan As-Sunnah adalah induk dari semua ilmu. Maksudnya semua ilmu syariah, pastinya berangkat dari Al-Quran dan As-Sunnah.

Nanti ada ilmu tersendiri untuk mempelajari Al-Quran. Kalau hanya dari sisi bacaannya, namanya ilmu tajwid atau ilmu qiraah. KAlau dari segi teknis penulisannya, ada ilmu rasm, bahkan ada ilmu imla’ dan khat. Sedangkan kalau dari segi isi pesannya, ada ilmu tafsir.Al-Quran, As-Sunnah dan sumber-sumber lainnya adalah sumber hukum Islam. Ilmu yang secara khusus mempelajari hukum Islam yang bersifat praktis dan aplikatis adalah ilmu Fiqih serta Ushul Fiqih.

oOo

Maka kalau ada ajakan untuk kembali kepada Al-Quran dan As-Sunnah, ajakan itu cukup aneh dan malah jadi lucu. Memangnya selama ini kita tidak pakai Al-Quran dan Sunnah? Atau jangan-jangan yang dimaksud kembali kepada Al-Quran Sunnah sekedar menterjemahkan kata per kata sesuai kamus? Lalu logikanya dikarang bebas improvisasi? Atau boleh jadi pakai ilmu cocokologi dasar. Maksudnya kalau ayat itu dianggap cocok dengan maunya, kudu dipakai dan ditafsiri sesuai selera. Bagaimana kalau tidak cocok? Ya, disembunyikan.

Maka ungkapan kembali kepada Al-Quran dan Sunnah itu seperti kita bilang tinggalkan semua cabang ilmu bela diri, yang penting kuda-kuda. Lah, semua juga sudah kuda-kuda. Maka dalam bertarung itu kita bakalan digebukin lawan, masak sih kita cuma kuda-kuda saja. Tidak memukul, menangkis, menendang, memiting, memelitir dan seterusnya? Heheh jurus kok kuda-kuda?Namanya juga ilmu bela diri, pasti gerakannya banyak. Ada sekian banyak jurus yang dipelajari, diajarkan dan tentu dipraktekkan, bukan cuma posisi kuda-kuda. Ngapain cuma kuda-kuda doang?

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed