by

Jesus dalam Catatan Sejarah

Oleh : B Uster Kadrisson

Sebagai seseorang yang sangat terkenal di seluruh dunia, sangat mengherankan kalau secara empirik ternyata Tuan Guru Isa tidak pernah tercatat di dalam dunia sejarah. Memang nama beliau diagungkan di dalam Alkitab yang suci tetapi rekaman nama beliau yang secara resmi, tidak pernah ada. Tidak sekalipun nama sang Masehi tercatat di dalam dokumen-dokumen milik kerajaan ataupun kebudayaan adi daya jaman dahulu kala, tidak juga di dalam sejarah bangsa Judea. Sehingga jika ditilik dari bukti-bukti peninggalan sejarah, Tuan Guru Isa sama sekali tidak pernah terlahir ke atas dunia.

Satu-satunya tulisan tentang keberadaan beliau yang sangat dijamin keabsahannya adalah ternyata di dalam Al Quran, sebuah kitab yang mulia. Walaupun sebagai bukti sebuah dokumen sejarah, yang menurut para ahli pernyataan di dalam kitab ini juga masih tidak bisa diterima. Dokumentasi sejarah, adalah sebuah bukti otentik tentang keberadaan suatu lokasi, kejadian sebuah peristiwa atau seorang personal yang ditulis pada masanya atau sesudahnya yang berselang tidak terlalu lama.

Bukan cerita yang beredar dari mulut ke mulut selama ratusan tahun yang kemudian berkembang dan melebar sehingga tidak bisa dirunut kembali ke asalnya. Dalam dunia sejarah, bukti-bukti akan keaslian sangat menentukan apakah sesuatu itu sebuah kisah nyata ataukah hanya merupakan sebuah legenda. Bukti yang paling menguatkan adalah dalam bentuk tertulis, bisa saja dalam bentuk phamlet, catatan dokumentasi pemerintah atau akun Facebook ini jika 500 tahun lagi seseorang menyangsikan tentang keberadaan saya. Kadang-kadang walaupun seseorang itu nyata adanya tetapi satu atau dua hal cerita mengenai dirinya tidak bisa dibuktikan karena tidak adanya saksi mata.

Atau malah kebalikan seperti Illiad, buku karangan Homer yang menceritakan tentang berbagai heroes seperti Achilles, Odysseus, Perang Troy yang dahulu dianggap sebagai mitos belaka tetapi perlahan-lahan tersibak dengan berbagai penemuan arkeologi yang memungkinkan kalau cerita itu merupakan kisah nyata. Hanya ada pernah satu kali nama Tuan Guru Isa tertulis di dalam sebuah catatan sejarah, tetapi itupun hanya merupakan sekelumit catatan kaki.

Adalah Flavius Josephus yang menuliskan, yaitu seorang sejarawan keturunan Yahudi yang berada di bawah kekuasaan Kaisar Vespasian yang menugaskannya sebagai pencatat peristiwa resmi. Flavius lahir di Jerusalem tahun 37 AD dan berumur sekitar 62 tahun, sehingga paling tidak dia pernah mendengar kabar berita tentang sang Masehi. Berkat catatan dokumentasinya, banyak situs-situs sejarah yang kini kembali diketemukan seperti benteng pertempuran terakhir di Massada ataupun tentang kelompok pemberontak yang dikenal dengan nama Maccabee.

Dalam catatan Volume 20 yang ditulis oleh Flavius Josephus, nama Tuan Guru Isa hanya terhubung dengan peristiwa yang menyangkutkan nama James, yaitu seseorang yang diyakini merupakan abangnya. Sedang dalam Volume 18 juga ada sedikit tertulis cerita tentang seorang rabbi yang disalib oleh Pontius Pilatus karena diyakini sebagai sang Messiah. Tetapi keaslian akan copy dari Volume 18 ini diragukan para ahli, karena penggunaan kata-kata yang tidak lazim yang pada saat itu belum ada. Diperkirakan merupakan pekerjaan Eusebius, seorang sejarawan Katolik abad ke 4 yang mencoba untuk memasukkan cerita tentang Tuan Guru Isa ke dalam buku sejarah.

Tetapi apapun yang terjadi dan diyakini oleh para sejarawan, kembali lagi kepada masing-masing individu. Kaum Muslimin diwajibkan untuk mengakui akan keberadaan sang Rasul, yang terlahir dari rahim Bunda Maria yang satu. Nabi Muhammad saw pernah berjumpa dengan beliau di surga lapis kedua, untuk itu saya tidak akan pernah ragu. Beliau telah dilahirkan ke dunia dan diangkat oleh Ilahi ke surga yang jannah, nanti di ujung jaman beliau kelak akan kembali turun ke bumi untuk menjadi pemersatu.Selamat merayakan Hari Kenaikan Tuan Guru Isa, bagi teman-teman Kristiani.

Tabik.

Sumber : Status Facebook B. Uster Kadrisson

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed