Jamin Kehidupan Nelayan, Ahok: Reklamasi Itu Total Untuk Rakyat

“Orang yang beli tanah di pulau reklamasi, setiap kali dia nyambung sertifikat, dia kena 5 persen dari NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), bayar ke DKI lagi. Fasum (fasilitas umum), fasos (fasilitas sosial) hampir 48 persen rata-rata punya DKI. Yang sisa yang dia bisa jual, 52 persen, itu 5 persen gross (keuntungan) punya DKI juga. Terus tiap tanah yang bisa dia jual, dia dikenakan 15 persen dari NJOP. Untung banget kita,” lanjutnya.

Menurut Ahok, nelayan juga akan diuntungkan dengan adanya reklamasi dan tanggul raksasa yang sedang Pemprov DKI bangun. Nantinya, kapal milik nelayan bisa bersandar di depan tanggul tersebut. Selain itu, di balik tanggul, akan dibangun komplek rusun milik nelayan.

“Justru nelayan kan sudah kita bilang, tanggul begitu jadi, kan kita lagi bikin tanggul 3,8 (meter). Semua nelayan, kapal sandar di depan tanggul. Lalu di balik tanggul itu, kan kita sengaja lebihkan tanah yang kaya (seperti) di Muara Baru kan lebih 10 hektare, itu semua tuh komplek rusunnya nelayan,” kata Ahok.

Selain itu, cagub petahana ini juga akan menjamin kehidupan yang lebih baik bagi nelayan. Ahok akan memberikan store storage bagi nelayan untuk menyimpan hasil tangkapan mereka.

“Nggak mungkinlah (mendeskreditkan nelayan). Nelayan kita mau kasih dia store storage segala macam, sudah (kita) desain,” tutupnya.**

Sumber: detik.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *