by

Jadilah Pemikir dan Bukan Pengikut Buta

Oleh : Rof Sin

Apakah didalam sejarah islam 1400 th lebih yg lalu itu terdapat banyak kontroversi ?Apakah hadist juga terdapat banyak kontroversi ?Menurut para ahli sejarah maupun ulama yg kritis, ada yg menjadi kontroversi.Berikut ini saya memberi contoh yg sgt terkenal yg menjadi kontroversi, sejarah ataupun hadist. Saya hanya mengajak belajar bersama dan sama sekali tidak ada maksud menghina.

Saya hanya mengajak jadilah pemikir yang cerdas, tegas, kritis tetapi berdasarkan keilmuaan.Saya menghimbau, janganlah hanya sekedar jadi pengikut buta, taklid buta, duduk-dengar-percaya-ikuti dan patuhi.Banyaklah belajar, banyaklah membaca, bukalah pikiran, bukalah akal, bukalah seluas2nya wawasan dan jangan kelewat fanatik akan golongan.Jadilah pemikir dan jangan sekedar jadi pengikut buta.- BERAPA USIA KHADIJAH SAAT MENIKAH ? Berapakah usia khadijah saat menikah dgn Nabi Muhammad SAW ?

Didalam buku sejarah ttg Nabi dan buku2 sekolah dikisahkan bahwa Nabi berumur 25 th dan Khadijah berumur 40 th saat mereka berdua menikah, saya dari SD menyangka sejarah itu tunggal tetapi setelah saya masuk lebih dalam lagi teryata pendapat usia pernikahan tsb diantara ulama zaman dulu terdapat perbedaan satu sama lainnya , sedangkan penulis sejarah Islam dan sirah Nabi paling pertama Ibnu Ishaq dan Ibnu Hisyam, tidak menyinggung angka ttg usia Khadijah. Tetapi banyak penulis sejarah yg lain meriwayatkan usia Khadijah saat menikah dgn Nabi Muhammad SAW berbeda2.-

Ibnu Katsir dalam Sirah Nabawiyah menyebut 25, 28, dan 35. Ibnu Katsir juga bilang menurut Baihaqi dan Hakim saat Nabi dan Khadijah menikah sama2 umur 25.- Ibnu Asakir dalam Tarikh Al Kabir : 28 dan 30.- Baihaqi dalam dalam Dalailun Nubuwah : 25, 35.- As Sirah As Syamiyah : 28, 30, 40.- Sedangkan Mazhab Syiah dari dulu hingga sekarang tetap berpegang teguh bahwa saat menikah Khadijah berusia 40 dan Nabi 25..- Sedangkan merujuk pd pendapat dlm Thabaqat Kubra oleh Ibnu Saad yg menyebutkan 2 riwayat berbeda, yaitu 28 dan 40 th, riwayat kedua yg berusia 40 inilah yg menjadi pendapat populer, meskipun berstatus Hadist Dhaif ( lemah ). Begitu juga dgn usia waktu wafatnya Khadijah juga berbeda pendapat, ada yg bilang 50 dan 65.-

BENARKAH USIA AISYAH 6 TAHUN SAAT MENIKAH DGN NABI MUHAMMAD SAW.

Apakah benar Nabi Muhammad SAW menikahi Aisyah saat Aisyah berumur 6 tahun dan mulai tinggal bersama saat Aisyah berumur 9 tahun ? Ulama zaman dulu sudah ada yg mengkritik keras dan tdk mempercayai hadis ini seperti : Ibnu Hajar Al Asqalani, Ibnu Katsir, dll. Sedangkan ulama kontemporer banyak yg mengkritik dan tdk mempercayai hadis ini seperti : Ulama Pakistan Habiburrahman Kandhalwi yg menolak hadis ini dgn 24 alasan yg sangat kuat, seperti : Al Qur’an, Hadist2, tafsir, perkataan sahabat, fakta sejarah, sosiologi, psikologi, seksologi dan statistik.

Dari Indonesia seperti KH. DR. Marzuki Wahid ( Sekretaris Lakpesdam PBNU ).Berikut kritikan hadis tsb secara singkat :” Usia Aisyah 6 atau 9 tahun saat dinikahi nabi Muhammad SAW bertentangan dgn fakta sejarah, menurut sebagian besar ahli sejarah termasuk Ibnu Hajar Asqalani, Abdurrahman bin Abizannad dan Ibnu Katsir, menyebutkan bahwa selisih usia Aisyah dgn kakaknya Asma adalah 10 tahun. Menurut Ibnu Katsir dlm kitab Al Bidayah Wa Al Nihayah, Asma wafat pd tahun 73 H pd usia 100 tahun.

Menurut Al Hafidh Abu Na’im, Asma lahir 27 tahun sebelum Hijrah Rasulullah SAW, dengan demikian pd saat Nabi Hijrah ke Yatsrib usia Asma 27 tahun ( 622 M ).Jika Asma berusia 27 tahun ketika Hijrah, maka usia Aisyah saat Nabi Hijrah berarti 17 tahun. Rasulullah SAW menikahi Aisyah pd tahun pertama Hijrah, dgn demikian usia Aisyah ketika dinikahi Rasulullah SAW berarti antara 17 atau 18 tahun dan bukan 6 atau 9 tahun “.

Ada sebagian ulama yg dari dulu sampai sekarang tetap mempertahankan sejarah/hadis2 kontroversi dgn berbagai alasan. Ada sebagian ulama yg jujur, cerdas, berani kritis, dan secara keilmuaan dengan tegas menolak hadis2/sejarah kontroversi, mereka berpendapat bahwa yg harus dicari itu kebenaran dan bukan pembenaran dan jika kebenaran tidak dicari maka yg rugi itu islam sendiri.

Mencari kebenaran itu sangat pahit, karena akan sangat keras ditantang kaum konservatif dan radikal.Ada sejarah yg kontroversi, yg diragukan kebenarannya bahkan tidak bisa dipercaya kebenarannya. Banyak ulama zaman dulu yg berbeda2 pendapatnya.Ada hadis yg Sanadnya Shahih, tetapi Matannya bertentangan dgn Al Qur’an, bertentangan dgn sesama Hadist, bertentangan dgn fakta sejarah, bertentangan dgn akal sehat, tetapi tetap mati2an dipertahankan.

Ada Hadist yg Matannya Shahih tetapi Sanadnya tidak shahih dan langsung ditolak mentah2.Disini saya mengajak teman2 untuk berpikir kritis tapi bertanggung jawab , jadilah pemikir kritis, cerdas dan tegas yg berdasarkan keilmuaan dan jangan sekedar hanya menjadi pengikut buta.

SALAM DAMAI.

Sumber : Status Facebook ROF SIN.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed