by

Jack Ma Menghilang?

Pastinya ide ini datang dari pengalaman pribadi Jack Ma sendiri di mana paling tidak fondasi kesuksesannya adalah berkat bantuan orang lain yang melihat ada sesuatu di dalam dirinya. Jack Ma yang berasal dari sebuah keluarga sederhana, belajar bahasa Inggris secara autodikdak dengan cara berbicara kepada turis di sebuah lokasi pariwisata sejauh puluhan km dari rumahnya dengan mengendarai sepeda. Di sana dia bertemu keluarga dari Australia yang kemudian menjadi sahabat baik dan nanti saat dia dewasa akan menjadi penyokong karirnya dengan memberikan modal untuk membuka usaha. Selanjutnya tinggal cerita manis yang terukir dalam tinta emas sejarah ketika perusahaan berbasis internet Alibaba miliknya menjadi yang ternama di dunia.
Tetapi pemerintahan China merasa seperti di tampar dengan bakiak atas ucapannya dan mereka memutuskan untuk memberikan Jack Ma sebuah pelajaran karena dianggap terlalu arogan. Satu minggu sesudah pertemuan tersebut, peluncuran saham perusahaan milik Jack Ma yaitu Ant, yang diperkirakan akan mencetak rekor tertinggi di dunia akhirnya dibatalkan. Hanya 48 jam dari waktu yang telah ditentukan, pemerintah China kemudian menarik kembali rekomendasi yang telah diberikan. Setelah itu kehadiran Jack Ma menjadi tanda tanya karena dia tidak pernah terlihat lagi di permukaan, sampai photonya juga dihapus dari website perusahaan.
Alasan klasik pemerintah komunis China adalah mereka tidak mau perusahaan ini menjadi semakin memonopoli dan besar kepala. Tudingan lain kalau ada perusahaan Amerika dan Jepang yang bermain di belakang layar sebagai pemilik saham yang sebenarnya. Alibaba disinyalir memberikan kemudahan bagi anak-anak muda di China untuk memiliki barang-barang yang bernilai konsumtif dengan pembayaran yang diatur cicilannya dengan menaikkan suku bunga. Sehingga pemerintah China menuduh Jack Ma tidak patriot karena menguras kekayaan masyarakat China untuk kejayaan orang lain terutama Amerika tentunya.
Tabik.
B. Uster Kadrisson

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed