by

Iri, Benci dan Dengki

Oleh : Ruly Achdiat Santabrata

Semua kitab, petunjuk, Nabi dan Rasul adalah SOP bagaimana memegang kuasa Nya di dunia dan meletakkannya sebagai amanah Nya. Yang mana gunung dan langit tidak mau dan mampu menanggungnya. Sebagaimana: “Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung, tapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat), lalu dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu sangat zalim dan sangat bodoh”. (QS: Al Ahzab:72)

Kenapa SOP Sang Pencipta itu gagal diemban manusia?Di mana bukan saja sahabat Rasul dibunuh, bahkan sang pembawa pesan (para Nabi dan Rasuh) pun dibunuh. Karena manusia itu ternyata “HAUS DARAH”.

Haus darah yang sangat berbeda dengan binatang.Haus darah manusia itu bercampur sifat IRI, DENGKI dan BENCI. Kanjeng Rasul bersabda: “Kalian telah terjangkiti penyakit ummat sebelum kalian, yaitu dengki dan angkara murka yang dapat mencukur (memusnahkan). Aku tidak katakan mencukur rambut, tetap dapat mencukur (memusnahkan) agama. Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan Nya, kalian tidak akan masuk ke dalam surga hingga kalian beriman dan kalian tidak akan beriman hingga kalian saling menyangi. Maukah kalian aku beritahu cara menumbuhkan hal itu? Yaitu sebarkan salam di antara kalian” (Hasan, HR Tarmidzi, Ahmad dan Bukhari).

Demikian mengapa agama yang lurus, SOP yang satu bisa-bisanya ditafsirkan macam-macam menjadi sarana pemusnah manusia (dan pemusnah agama). Sehingga Kanjeng Rasul pun bersabda: “Manusia akan tetap berada di dalam kebaikan selama dia tidak mempunyai rasa benci” (HR. Thabrani). Semoga Tuhan mengampuni kita semua. Salam akhir pekan

Sumber : Status Facebook Ruly Achdiat Santabrata

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed