Introspeksi Diri Jauh Lebih Bermanfaat

Oleh: Ardiyansyah
 

Mungkin ada yang belum kenal saya. Perkenalkan saya Ardiyansyah seorang mahasiswa. Pendidikan saya adalah Pesantren non formal dan pendidikan formal umum, sehingga saya punya dua pemikiran yang berbeda. Alhamdulillah saya Muslim, yang lahir dalam tradisi Nahdlatul Ulama (NU).

Semenjak saya belajar Islam, awalnya Islam dimaknai hanya dari segi Tauhid, Fiqih, dan bahasa Arab. Setelah saya masuk ke universitas, saya mengalami perubahan pola pikir, di mana pada waktu abad pertengahan Islam mengalami kemajuan. Islam berhasil menguasai Iptek dan memberi peninggalan yang cukup signifikan terhadap ilmu pengetahuan modern. Tapi sayang, kemajuan Islam pada masa lalu terkubur dalam sejarah. Islam tidak mampu memainkan tongkat estafet keilmuwan cendekiawan Muslim pada masa lalu. Kita akui, teknologi sudah dikuasai oleh Barat, dan rata-rata orang yang beragama non Muslim. Lalu penyebabnya apa? penyebabnya adalah kemalasan dan kebodohan. Hal ini yang Quraish Shihab sampaikan, bahwa Islam mundur karena kebodohan dan kemalasan.

Bagaimana Islam tidak mundur, toh sebagian umat Islam sibuk dengan masalah-masalah sepele. Sebagian umat Islam mengatakan bahwa Islam dizalimi. Dizalimi dari apa? dan dengan siapa? Dengan Israel? karena mencaplok tanah Palestina? loh memang Inggris awalnya yang membolehkan bangsa Yahudi Eropa migrasi ke Palestina, tapi jangan salah, kawasan Arab juga yang menjual tanah Palestina ke Inggris, sehingga Inggris bisa mengakui bahwa itu adalah hak orang Yahudi. Maka bisa kita lihat, ketika pengungsi Palestina, mana pernah Arab Saudi membuka pintu lebar-lebar untuk pengungsi Palestina.

Islam dizalimi oleh sebagian umat Islam itu sendiri. Apakah Amerika membunuh dan mengeksekusi umat Islam di Timur Tengah? Apakah Israel membunuh dan membakar umat Islam di Timur Tengah? tidak. Justru yang membakar umat Islam, memenggal umat Islam, memutilasi umat Islam, orang yang selalu berteriak “Allahu Akbar” orang yang selalu memamerkan bahwa mereka adalah orang yang paling Islami. Lihat bagaimana kejamnya ISIS, Al-Qaedah, Al-Nusra, mereka adalah orang Islam, tetapi sebagian umat Islam menutup mata, mentang-mentang umat Islam, kalo kejam tidak boleh dimarahi dan dikritik, nanti dibilang anti Islam?

Sebagian umat Islam sibuk membuat Konspirasi bahwa Cina akan menguasai ekonomi Indonesia, karena banyak pedagang dari Cina. Justru seharusnya kenapa umat Islam takut? Seharusnya tiru. Mengkaji Islam bukan hanya dalam segi akhirat, dunianya pun juga.

Harus ada perda Syariah. Loh di Indonesia sudah mayoritas Muslim, bebas melaksanakan salat, kenapa harus ada perda Syariah? dan lucunya, perda Syariah yang dibuat adalah perda ibadah individual. Coba apakah setiap daerah berani membuat perda syariah siapa yang korupsi dihukum mati? tidak berani, karena kita sudah ketahui, di daerah pejabat paling banyak korupsi, jadi perda syariahnya ya masalah pribadi.

Bisa kita lihat, Barat negeri bebas, non Muslim, mereka maju. Maka yang salah dari sebagian umat Islam, yaitu mereka meninggalkan ilmu pengetahuan dan mereka menutup pemikiran dengan isu-isu global tanpa ingin tau dan memecahkan masalahnya.

 

(Sumber: Facebook Ardiyansyah)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *