by

Gimana Kalau Kita Ikut “Gandeng” Papua?

Oleh : Siregar Azwar

Tadi sebelum subuhan, saya menonton Chanel Youtube seorang Anggota TNI kita di Papua. Beliau mendapatkan kiriman Paket Baju dari Bos Samsung Cells (maaf kalau salah nama) untuk dibagi-bagikan ke warga di sana. Saya lupa tadi nama Akun Chanelnya. Saya cuma paling ingat bagian “Kaka Moro”. Tapi sampai sekarang masih terbayang di benak saya kebahagiaan Kaka Moro dan saudara-saudara kita disana mendapatkan kiriman hadiah dari saudara sebangsanya dari Jakarta.

Padahal cuma sehelai Kaos hitam bergambar Garuda. Tapi mampu membuat saudara-saudara kita disana tersenyum bahagia. Saya juga menganggap, hal-hal sederhana seperti ini sangat efektif untuk merekatkan sekaligus membangkitkan Nasionalisme saudara-saudara kita disana. Kalau saudara-saudara kita disana sudah merasa dekat dengan kita, pada gilirannya, kelak akan mampu menangkal aksi terorisme dan separatisme.

Jadi gimana kalau saya mengusulkan agar kita juga ikutan memberikan hadiah yang sama ke saudara-saudara kita di Papua? Kita ramai-ramai membuatkan Kaos yang cantik. Bertuliskan pesan nasionalisme dan persaudaraan sebangsa yang sederhana. Nanti disalurkan oleh Prajurit TNI kita di perbatasan. Selain kita membantu mendekatkan Prajurit TNI kita dengan masyarakat di perbatasan, juga merekatkan jiwa kita dengan mereka. Dan paling utama, kita ikut berpartisipasi mengikis aksi Separatisme dan Terorisme di Papua.

Saya meyakini, aksi-aksi kekerasan khususnya terorisme dan separatisme yang terjadi di Negeri ini adalah akibat para pelaku merasa diperlakukan tidak adil dan merasa bukan bagian dari bangsa ini.Jadi perlu keikut sertaan semua pihak untuk saling rekat dan merekatkan. Kalau ada kawan-kawan yang sepakat, ayo kita cari bersama informasi salah satu Komandan Pos Jaga di Perbatasan atau daerah terpencil di Papua. Pastinya lewat beliau kita bisa mendapatkan informasi model kaos, misal warna dan bentuk yang disukai masyarakat disana.

Karena kalau kita mau memberikan hadiah, tentu saja paling keren memberi jenis yang sangat disukai oleh orang yang akan menerimanya, bukan?Gimana?Atau ada usul yang lain…?

Sumber : Status Facebook Siregar Azwar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed