by

Gempa Cianjur

Oleh : Gunadi

Menurut BMKG, Penyebab gempa Cianjur diduga akibat dari pergerakan Sesar Cimandiri.

Gempa yang terjadi berpusat di sekitar Sukabumi-Cianjur itu terjadi akibat patahan atau bergeser dgn magnitudo 5,6

Apa yang Dimaksud dengan Sesar Cimandiri?

Menurut BMKG sesar adalah bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif satu blok terhadap blok batuan lainnya. Istilah sesar disebut juga dengan patahan.

Sementara pengertian Sesar Cimandiri adalah patahan atau sesar aktif terletak di Jawa Barat dengan orientasi arah Timur Laut dan Barat Daya.

Beberapa wilayah di Jawa Barat, termasuk Cianjur, merupakan dalam kawasan seismik aktif dan kompleks yang menyebabkan rawan dan sering terjadi gempa.

Perlu kita ketahui bahwa wilayah Sukabumi, Cianjur, Lembang, Purwakarta, juga Bandung itu secara tektonik merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks, disebut aktif memang kawasan ini sering terjadi gempa.

Efek yang ditimbulkan oleh adanya gelombang seismik dari gangguan alami (seperti: pergerakan lempeng (tektonik), bergeraknya patahan, aktivitas gunung api (vulkanik), dsb) adalah apa yang kita kenal sebagai fenomena gempa bumi.

Di jaman melek informasi spt sekarang ini ga usahlah setiap bencana alam kita selalu kait2 kan dgn azab, banyaknya maksiat, atau maraknya LBGT dll, itu semua cukup kita tanamkan di keyakinan dlm hati kita masing2 aja.

Musibah adalah ujian, bukan azab. Bagi para korban, musibah adalah ujian: tetap sabar dan tabah. Bagi mereka yang bukan korban, musibah adalah ujian: Agar kita saling peduli thp sesama & alam.

Wallahualam Bishawab

Sumber : Status Facebook Gunadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed