by

Ganjar Pranowo

Didikan ayahnya yang Polisi mengajarkan disiplin dan agamais, itu modal besar bagi Ganjar untuk punya kepribadian utuh. Itu juga yang mendorongnya bersikap dalam politik. Selama kuliah di UGM dia aktifis GMNI yang dicurigai oleh Soeharto. Dia tida takut. Itu karena dia cerdas secara spiritual dan kuat dalam kesabaran tanpa berputus asa.
Setamat kuliah Ganjar tidak pergi keluar negeri untuk melanjutkan pendidikannya. Tetapi dia memilih jadi pemberontak. Bergabung dengan pro demokrasi menggoyang Soeharto. Walau Ayahnya yang Polisi dan Kakaknya sebagai Hakim mendesaknya ikut Golkar, namun Ganjar tetap nekat ambil resiko berada di barisan Megawati. Siap diculik dan mati demi memperjuangkan keyakinannya dalam politik.
Setelah Orde Baru tumbang. Pak Harto lengser. Banyak teman teman seperjuangannya ikut Pemilu 1999. Saat itu PDIP sedang berada di puncak kepercayaan rakyat. Namun Ganjar tidak mau ikutan euforia. Dia memilih berkeluarga dan berwirausaha. Tahun 2004 barulah Ganjar masuk ke politik secara penuh, dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari PDIP. Dia terpilih dan duduk di Senayan sebagai anggota DPR dan ketua Pimpinan Komisi II DPR. Periode berikutnya dia terpilih lagi sebagai anggota DPR. Ganjar adalah generasi PDIP yang dibesarkan oleh Taufik Kiemas, yang juga tokoh GMNI. Sangat rasional dalam berpolitik. Santun namun berani untuk kepentingan nasional.
Namun karena perintah dari PDIP agar dia maju dalam Pilgub Jateng. Diapun mundur dari DPR. Dan dia menang. Sebagai politisi lapangan dan pernah duduk di DPR sebagai ketua Komisi. Ganjar sangat piawai soal birokrasi dan politik anggaran. Itu dibuktikan selama dia jadi Gubernur Jateng. Dia juga hebat dalam menjalin komunikasi dengan semua pihak. Hanya saja, Ganjar bukan tipe politisi oportunis. Dia tidak akan pernah maju capres atau apalah kalau PDIP tidak perintahkan. Saya secara pribadi berharap Ganjar diusung PDIP jadi capres, bukan Wapres.
(Sumber: Facebook Diskusi dengan Babo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed