Foto Presiden Divaksin Viral di China

Sikap itu disampaikan langsung oleh Menlu China Wang Yi . Wang Yi bukan hanya menlu tetapi dia juga adalah elite Partai komunis yang merupakan anggota dewan Pemerintahan China. Dia sangat powerful menentukan kebijakan untuk menggunakan sumber daya dalam negeri China untuk kerjasama international. Saya tanya teman saya di China, memang apa postingan rakyat China terhadap Photo dan video Jokowi? “ Bagaimana rasa hormat kita kepada pemimpin negara lain yang sangat percaya kepada ilmuwan kita ? kita perlu balajar nilai nilai kemanusiaan dari Jokowi, dengan melupakan barang sejenak soal bisnis dan politik” Demikian kata teman menyipulkan berbagai posting nitizen.
Itu sebabnya Ibu Retno terpilih sebagai ketua COVAX AMC ( Covid-19 Vaccines Advance Market Commitment). Lembaga ini dibentuk bulan Juni 2020 oleh 180 negara dan lembaga yang tergabung dalam fasilitas Covax. COVAX AMC diluncurkan oleh Gavi, aliansi vaksin global, untuk memastikan setiap negara bisa memperoleh vaksin Covid-19.
Di tengah krisis dan pandemi ini AS, Eropa, China, tidak tampil sebagai pemimpin yang menentramkan semua pihak. Pada moment ini, mata dunia tertuju kepada Indonesia. Kepempinan Jokowi bisa menjadi perekat nilai nilai kemanusian bagi negara maju untuk kepentingan umat manusia di planet bumi.
Saya tahu, Jokowi tidak ingin ini jadi citra politik. Tapi saya wajib sampaikan kepada rakyat untuk tahu. Bahwa bangsa kita sangat terhormat dimata dunia. Kasus gugatan UE di WTO akan kita menangkan dengan mudah. Trust kita sangat tinggi di mata dunia. Kita lead dalam mentrasformasikan dunia jadi lebih bijak dan ramah kepada nilai nilai kemanusiaan.
 
(Sumber: Facebook Diskusi dengan Babo)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *