by

Foto Pilot Ganteng yang Disalahgunakan untuk Modus Love Scam

Oleh: Muhammad Jawy

Siapakah pilot ganteng yang bikin banyak mamah-mamah meleleh dan ada yang sampai tertipu transfer jutaan rupiah?

Dengan cukup sebentar melakukan pencarian via Yandex Reverse Search Image (cieeh namanya juga factchecker), orang ini memang pilot beneran, namanya adalah Capt Alfonso Patron, pernah jadi pilot di maskapai VivaAir di daerah Amerika Selatan.

Akun IG aslinya ada di @photoskyes, dan ia juga punya kanal youtube /Alfonsopatron.
Tentu saja yang nge-WA dan men-DM para emak-emak ini bukanlah si pilot aslinya, tetapi orang lain yang menyalahgunakan fotonya. (JADI please, emak-semak kepo, jangan ngerusuhin akun aslinya ya!!!!)

Ia bisa bernama Hasan, di akun lain fotonya bernama Rahmad Azani, ada juga David Hussain, behh….. inilah mereka para Akun Modus

Apa rahasianya sehingga ia bisa membuat emak-emak di Indonesia bisa rela mengosongkan uang simpanannya demi membantu “pilot” ini?

Mungkin ya, karena mukanya nggak jauh dengan muka Asia, ganteng. Dan mukanya cocok disandingkan dengan nama muslim, karena masuk dalam standar Melayu. Apalagi foto-fotonya bersama putri cantiknya, bikin orang mudah simpati, ketika dibumbui ia hidup kesepian berdua dengan anaknya. Dan siapa yang nggak percaya kalau seorang pilot itu punya banyak uang?

Dan kejadian ini sudah berlangsung lama, mulai dari ia berjanji akan mengirim sekardus hadiah mewah dari London ke Cianjur. Asalkan ya, bayar sendiri biaya buat bea cukainya yang sekitar 5-10 juta (Nah ini modusnya!) Karena nanti rekening bea cukai dan no kontak yang dimaksud, ya sebenarnya no dia sendiri ataupun sindikatnya.

Ada group Facebook yang mengulik para penjahat bermodus seperti ini, dan informasi tentang foto Capt Alfonso ini sudah ada sejak 2020, makanya heran kalau masih ada saja yang tertipu. Dan disana juga ada pengakuan beberapa orang yang sudah sempat transfer jutaan rupiah.

Jadi gimana emak-emak?
Jangan transfer dan jangan iseng apalagi gatel. Anda pasti aman!

https://www.facebook.com/RelawanCyberAkunModus/posts/3270263709696605
Daftar akun modus pakai foto Capt Alfonso:
https://www.instagram.com/rahmad_azani6/
https://www.facebook.com/profile.php?id=100014369353258
https://twitter.com/CaptainYusri/media?lang=fi
https://www.instagram.com/p/CZJXQ-AN0RF/
dan masih ada banyak lainnya……

(Sumber: Facebook Muhammad Jawy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed