by

Evolusi Aksi Teror

Oleh : Alto L

Beberapa jam yang lalu, satu keluarga yang beragama Islam ditabrak hingga tewas di London, Ontario, Kanada. Dari 5 orang anggota keluarga, 4 orang tewas. Hasil investigasi sementara dari otoritas keamanan Kanada menunjukan bahwa aksi ini adalah aksi yang telah direncanakan (premeditated attack) oleh pelaku yang berusia sekitar 20 tahunan. Sebenarnya, aksi teror dengan memakai kendaraan dan menabrakannya ke sasaran itu bukan hal yang baru.Tahun 2016 86 orang tewas dan 458 orang luka-luka ketika Mohamed Lahouaiej-Bouhlel menabrakan truk ke kerumunan orang di Nice, Perancis.

Kejadian yang sama juga terjadi di Vienna, Ohio, Berlin, London, Antwerp, Stockholm, Paris, Barcelona, Edmonton, dan New York. Nah, pola yang sama akan terlihat yaitu akan ada kelompok yang mengatakan: Kalau pelaku Muslim pasti langsung disebut sebagai serangan teror, tapi kalau pelakunya bukan beragama Islam biasanya tidak disebut sebagai serangan teror.Sebenarnya, otoritas dan penilaian apakah sebuah aksi kriminal adalah aksi teror atau bukan adalah merupakan wewenang dari pemerintah setempat, sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara bersangkutan.

Hal yang sama ketika Pemerintah Indonesia memasukan kelompok-kelompok bersenjata di Papua sebagai kelompok teror adalah wewenang pemerintah Indonesia dan tidak perlu persetujuan dari negara atau pihak lain. Nah, di Criminal Code of Canada, mereka mendefinisikan aktivitas teror (jadi bukan melihat secara khusus ke aksi teror) sebagai: act or omission undertaken, in or outside Canada, for a political, religious or ideological purpose, that is intended to intimidate the public with regard to its security, including its economic security, or to compel a person, government or organization (whether in or outside Canada) to do or refrain from doing any act, and that intentionally causes one of a number of specific forms of serious harm.

Jadi, kalau dilihat dari aksinya ini, kecil kemungkinan bahwa pelaku akan dikategorikan sebagai teroris, dan mungkin saja akan dikategorikan sebagai pembunuhan berencana dengan motivasi rasial (criminal act with racial motives).Jadi gak perlu ngegas. Banyakin baca. Iqra

Sumber : Status Facebook Alto L

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed