by

Etika Politik, Berkaca Pada Kasus Partai Bulan Bintang

Inilah contoh etika politik yang mulia. Meski beda ideologi politik, tapi perbedaan itu tak membuat mereka tak saling membantu sesama. Ini persis yang diceritakan Yusril juga soal persahabatan antara tokoh-tokoh Masyumi dengan PKI di tahun 1960an.

Meski Masyumi, NU, PNI dan PKI saling berdebat sengit di dalam sidang parlemen mengenai arah politik Indonesia, tapi tak membuat mereka saling berjauhan di kehidupan nyata. Sering mereka ngopi dan merokok bareng di luar sidang, juga saling membonceng sekira ada diantara mereka menaiki kendaraan.

Etika politik yang tinggi ini sepatutnya dikedepankan di masa milenial. Bukan semakin berpendidikan, semakin tinggi teknologi, tapi issue-issue dangkal dijadikan gorengan oleh para politisi. Soal bendera, soal lagu, soal baju, semua dipermasalahkan.

Padahal sekira mereka semua punya tujuan sama memperjuangkan kemakmuran Indonesia, sepatutnya saling bahu membahu mengatasi pemerataan ekonomi, ketidakadilan sosial, penegakan hukum, radikalisme, dan hal-hal substansial lain.

Sumber : Status Facebook Wasil Belian

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed