Dokter Anestesi

Terapi intensif, apa itu? Itu bidang medis yang menerapi dan merawat pasien2 yang kondisinya kritis dan perlu dirawat secara intensif. Mudahnya, ngurusi pasien2 di ICU seperti pasien infeksi sangat berat (termasuk covid), pasien dengan tekanan darah yang tidak stabil, pasien gangguan jantung, pasien keracunan berat, pasien kejang terus menerus, pasien yang tidak bisa bernafas mandiri dan perlu mesin bantu nafas.. dan lain2. Pasien ini adalah pasien yang perlu pengawasan menit per menit, detik per detik alias intensif.

So, gawean dokter anestesi itu mulai dari ambulan, IGD, ruang operasi, ICU. Capek ya? 

Masih ada satu lagi bidang garap dokter anestesi, yaitu pain management alias pengelolaan nyeri. Nyeri tingkat dewa sering tidak bisa dikendalikan dengan “obat2 biasa”. Kadang perlu obat anti nyeri tingkat dewa juga. Namun, obat anti nyeri tingkat dewa ini perlu kompetensi khusus karena beresiko, misalnya bikin nafas pasien melambat, tidak cukup untuk mendapatkan oksigen, atau bahkan berhenti. Pengelolaan urusan ini dokter anestesi yang pegang.

Pada kasus yang lain, misal nyeri kronis karena kanker, atau nyeri saat melahirkan, bisa diatasi dengan cara memblok jalur saraf tertentu, dengan teknik khusus. Ini juga kompetensi dokter anestesi. Mau melahirkan tanpa rasa sakit? Minta dokter kandunganya menghubungi dokter anestesi..

Tulisan saya ini tentu tidak menggambarkan secara detil tentang kompleksitas pekerjaan dan kompetensi dokter anestesi. Akan tetapi, mudah2an berguna memperkenalkan dunia anestesi.

Salam

Sumber : Status Facebook Alim

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *