by

Cara Siasati Perubahan Algoritma Facebook

Caranya ya sama. Temukan cara agar postingan kita di-prioritas-kan robot Facebook. Di update kali ini, FB bakal suka kalo postingan kita memantik diskusi dan interaksi yang bermakna.

Sampe di sini saya excited. Asik juga nih FB. Ngedorong diskusi BERKUALITAS. Jadi kalo dulu FB-tu berasa lagi ngobrol sia-sia di sekumpulan orang, sejak update ini semuanya bakal beda.

Yang bener?

Emang FB udah bisa bedain mana yg bermakna dan berbobot mana yang enggak? Lha Om Adam ngasih bocoran mana yang dianggep “interaksi berkualitas” itu. Dan apa sih yg dianggep bagus FB?

“Kami akan menilai bobot lebih pada komen-komen PANJANG ketimbang komentar pendek. Dan KOMENTAR LEBIH berat timbangannya ketimbang sekedar like.”

See?

Kalo cuma panjang-panjangan komen yang diukur, saya pesimis. Jangan-jangan orang malah lebih semangat “diskusi” soal hoax dan adu domba.

Kan bisa jadi tuh…

kalimat singkat tapi positif macam,”Subhanallah, keren!” bakal kurang laku dibanding,”Dasar cebong bau jamban! Pemuja as;foij;lkj!!!!… Lu tahu ga sih as;lkfj;lij… Maklum.. Kayaknya belum tersentuh pendidikan….Dasar K*NT**!!!”

K*NT** maksudnya “Kontra”

Jadi RINGKASNYA, kalo mau dapet exposure lebih di News Feed, bikinlah post yang memicu meaningful dialogue antar sesama manusia.

Inilah kenapa kalo dulu VIDEO itu udah jadi SOLUSI pembesar jangkauan, sekarang bakal ga manjur lagi. Kok bisa?

Karena video itu cenderung menciptakan “a passive experience”. Kita biasanya cuma duduk santai dan nonton. Pas nonton, jarang yang terus nge-like, komen, atau ‘diskusi’ sambil nge-tag temen.”

Kecuali tentu…

Konten2 yg “kontroversial”.

Makanya itu, saya sempat khawatir jangan2 malah ini bikin konten2 pemicu perdebatan makin laris.

Biar konten2 “lucu” dan bermanfaat yang nongol di News Feed, gimana?

Let say Anda pengen video kucing lebih banyak disodorkan. Ya udah, jangan cuma nonton. Like juga. Jangan cuma like. Tapi diskusikan dengan temen2 Anda. Bales komen2 orang. Nimbrung aja. Kebayang kita berdiskusi soal “lucunya” kucing ini? Ah, fesbukan kok malah jadi ribet yak. haha.

Kalo Anda ga ngelakuin ini, jangan nyesel pas video2 dakwah dan tips masak yang biasanya muncul, kok kini ngilang. Lha Anda cuma “pasif” nontonnya.

Tapi, meski Facebook bakal memprioritaskan postingan yang ENGAGEMENT nya tinggi, jangan sekali-kali pake trik “Engagement Bait” ala2 “mastah” atau “promo” macam…

“Kalo info ini di-share 100 orang, saya bakal…”
atau

“Dapatkan DISKON 110% dengan SHARE dan TAG temen di kolom komentar. Jangan lupa komen ALASAN Anda kenapa harus menang.”

Percaya deh,

Facebook bisa ngedetect mereka yang pake trik itu dan bakal “merosotin” ranking postingan2 kayak gitu.

Langkah lainnya adalah..

1. Kurangi FREKUENSI posting.

Ga usah sering2, yang penting engaging.

2. Bikin konten yang bikin fesbuker SALING DISKUSI di komentar

3. Rajin2 live video karena video LIVE menghasilkan engagement 6x lebih banyak ketimbang video biasa.

4. Belajar FB ads… (sadly but, true)

5. Kuasai Messenger Chatbots
Tren ke depan, orang ga bakal ngejar banyak like. Mrospeknya lewat “messenger”.

Buat yang belum tahu Chatbot tu kayak apa, cobain chatbot seru dari Chef Panji & Panci Inbox aja. Say “hello” atau apa. Entar bakal diajak ngobrol. Macam simi gitu deh.

*sebenernya ga seru2 juga sih chatbot dari mereka. Tapi kalo mention Cover Super atau minta temen2 nginbox Inspira Solution entar dikira promo.

TAPI…

Perubahan ini bakal di-rata-kan besok Februari. Dan saya sih penasarannya justru ke AKUN PERSONAL. Karena lebih sulit di-track. Makanya saya penasaran:

Apakah seleb FB macam Iqbal Aji Daryono Agus Mulyadi Teguh Arifiyadibakal ngerasain dampaknya? Apa postingan2 kelean jadi lebih sepi khususnya Februari nanti? Atau udah kerasa dari sekarang?

Sumber : Status Facebook Bondan Satria Nusantara

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed