by

Belajar Berkhianat Dari Panji

Lalu saya melihat Pandji dan saya kagum padanya.

Pandji – dalam rekam jejak digitalnya – adalah seorang yang humanis, ideologis bahkan berani menyampaikan pendapatnya secara terang-terangan.

Ia pernah menyampaikan “FPI jangan pernah dibubarkan dan harus tetap ada, biar kita tahu kalau orang yang gak pernah sekolah jadinya kaya apa..”

Dan sekarang ketika teman yang ia dukung itu juga didukung FPI, ia menjadi berbeda dan berkata bahwa yang dilakukan Anies adalah menjadi jembatan pemersatu.

Pandji tiba2 menjadi orang yang naif yang menganggap bahwa FPI begitu mudah diatur dan ditata. Ia tidak pernah berfikir bahwa Anieslah yang nantinya akan ditata oleh FPI, sama seperti Bima Arya Walikota Bogor yang dikungkung oleh HTI.

Pandji tidak sadar, bahwa FPI jauh lebih besar, lebih kuat dari seorang Anies yang bahkan sulit menjaga konsistensi ucapannya sendiri.

Dan sekarang Pandji kembali harus menelan ludahnya sendiri ketika ia melihat dengan mata kepalanya sendiri, Anies si teman itu, berteman baik dengan keluarga Soeharto yang juga menjadi pendukungnya dalam pilgub ini

Padahal Pandji pernah mengkritik betapa parahnya orang yang ingin kembali ke masa Orba. Ia bahkan pernah pernah memakai kaus yang berkonsep, “32 tahun Soeharto, uang dan darah..” Dan sekarang, ia harus mencoba mengkhianati nuraninya ketika ia melihat bahwa Cendana ada dibelakang temannya.

Mungkin Pandji berfikir sama, “Ah, Anies mampu menjadi jembatan yang baik dengan keluarga Soeharto…” Pandji membayangkan Anies adalah Superhero pemersatu yang dengan tubuh ringkihnya berhasil menguasai FPI dan keluarga Cendana.

Disinilah saya kagum dengan Pandji, karena biar bagaimanapun bagi saya pelajaran yang tersulit adalah berkhianat pada nurani sendiri… Pandji jauh lebih jago dari itu.

Itulah kenapa saya lebih senang berteman dengan secangkir kopi. Ia pahit, hitam dan dengan segala keburukannya ia jujur. Dan jujur itulah sumber kenikmatan sesungguhnya.

Seruput dulu, ah…**

Sumber : facebook Denny Siregar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed