by

Arab Bukan Islam, Barat Bukan Kristen

Oleh: Mohammad Monib

 
Salah satu professor di King Saudi of Petroleum dan Mineral, Arab Saudi, Sumanto Al-Qurtuby, menumpahkan kegelisahannya di media sosial Facebbok soal pemahaman banyak masyarakat Indonesia yang menganggap dunia Arab adalah dunia Islam.

Profesor berdarah Indonesia ini, dalam postingan tersebut tertanggal 7 Oktober 2015, mengatakan, anngapan ‘dunia Arab’ sama sebagai ‘dunia Islam’ sama konyolnya dengan anggapan ‘dunia barat’ sebagai ‘dunia kristen’.

“Sebagaimana Barat yang multikultural dan multiagama, Arab juga sama. Dari 22 negara-ngara Ara yang dicatat oleh Liga Arab: dari Saudi sampai Djibouti yang kecil-mungil tidak ada satupun yang dihuni hanya oleh “etnik Arab” apalagi “Muslim Arab”,” lanjut alumnus UIN Walisongo tersebut.

Menurutnya, di dunia Arab terdapat berbagai suku, etnik, dan klan misalnya Assyria, Kurdi, Berber, Azeri, Mandaean, Circassia, dan lain-lain. Orang-orang Arab juga memeluk berbagai agama sehingga ada Arab Muslim, Arab Kristen, Arab Yahudi, Arab Druze, Arab Yazidi dan lain sebagainya.

“Murid Saudi-ku, Ahmad Al-Ghahaity, yang mengaku “pensiunan Wahabi” tertawa lebar ketika saya bilang bahwa orang-orang Indonesia itu menganggap Arab = Muslim,” pungkasnya.

Lanjut Sumanto, muridnya itu sangat heran kenapa banyak orang-orang di Indonesia yang memakai jubah ala Arab/Saudi. “Pakaian ini kan budaya kami, kenapa mereka ikut-ikutan?” tanyanya penuh selidik.

Lebih lanjut, Sumanto menghimbau masyarakat yang hendak meniru Nabi Muhammad, maka tirulah akhlak dan perilakunya.

“Bukan jubahnya, bukan jenggotnya, bukan cara makannya dan hal-ikhwal yang remeh-temeh lainnya. Sebab akhlak dan perilaku itulah yang membedakan antara Nabi Muhammad dan para begundal tengik Arab seperti Abu Jahal. Apalah artinya memakai jubah panjang dan berjenggot lebat jika akhlak dan perilakunya seperti Abu Jahal? Alih-alih hendak melakukan Sunah Nabi Muhammad, malah anda terjerumus ke dalam ‘Sunah Abu Jahal’,” pungkas alumnus Boston University ini. (II/NF/islamnesia.com)

Ambil / aqidahnya bukan budayanya…

 (Sumber: Status Facebook Mohammad Monib)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed