by

Antara Pesulap dan Dukun Sama Penipuan

Oleh : Abdulloh Faizin

Jika untuk kejahatan serta penipuan bahkan bisa jadi haram, jadi keduanya tidak bisa dipilih. Jika untuk hiburan mungkin lain lagi hukumnya. untuk itu Jangan terlalu memuji pesulap merah dan terlalu membully SS. Agar kita selamat dari pergunjingan dan kefanatikan.

——————————++++

Kutipan dari Ra Shaleh..

Saya sengaja hanya menampilkan satu ibaroh dari kitab Bughyatul Mustarsyidin karena kitab itu yang kebetulan dipakai oleh ustadz Muhammad Faizar untuk mengharamkan ilmu hikmah.

Sekarang saya akan tampilkan beberapa ibaroh untuk mendukung pendapat saya sebelumnya bahwa sulap itu sama haramnya dengan sihir.

Pertama, apa itu sulap ?

Dalam kamus Mu’ahoroh disebutkan :

شعوذة مهر في الاحتيال ارى الشيى على غير حقيقته معتمدا على على خداع الخواس

“Sulap adalah kemampuan manipulasi, memperlihatkan sesuatu diluar aslinya dengan cara memanipulasi panca indera orang orang lain”

Dalam Mu’jam Matnul Lughoh yang disusun oleh Ahmad Ridho jilid 3 halaman 329 disebutkan :

الشعوذة خفة في اليد ومخارق واخذ كالسحر يرى الشيئ بغير ما عليه في رأي العين او هي الخفة والسرعة في كل امر

“Sulap adalah kecepatan tangan, kemampuan diluar kebiasaan, dan tampak seperti sihir yaitu menampakkan sesuatu diluar aslinya dalam pandangan mata, atau sulap itu adalah setiap ilmu yang berkaitan kecepatan”.

Lalu bagaimana hukum belajar, mengajarkan, atau menunjukkan sulap ?

ومنه ما هو خيال وهو يعمل امام العيون بحيث يتخيل الشيئ حقيقة وهو ليس كذلك من غير ان يتأثر بدنه ويزول هذا التخييل بزوال ما خيل به وهدا ضرب من الشعوذة وحكمه حرام لما يشتمل عليه من التضليل والحيل والخداع فلربما يؤخذ ما بيد المخيل به ويسرق ماله ويؤخذ عوضا غير حقيقة بسبب التخييل عليه

“Sebagian dari sihir adalah ilmu imajinasi (hipnotis) yaitu memperaktekkan ilmu ini di depan orang sehingga sesuatu tampak terjadi secara nyata padahal tidak demikian. Ilmu ini tidak berbahaya pada tubuh yang dihipnotis dan pengaruhnya dapat hilang dengan hilangnya apa yang diiamjinasikan, dan ini adalah bagian dari sulap dan hukumnya haram karena mengandung tipu daya, manipulasi, dan kebohongan. Terkadang dengan ilmu ini si pesulap mengambil apa yang ada di tangan orang yang dihipnotis dan mencuri hartanya lalu menukarnya dengan yang palsu” ( Al-Asilah wal Ajwibah fil Aqidah, Sholeh bin Abdur rahman, 58-59).

Dalam ibaroh yang lain juga disebutkan :

فمن استعمل الامور العلمية الطبيعية للتمويه على الناس او من استعمل السحر كله يدخل في الباب العام للسحر فالقمار والدجل زالشعوذة كلها حرام

“Barang siapa yang mempraktekkan hal-hal alamiah dengan mengkamuflase orang lain, atau seluruhnya menggunakan sihir maka masuk dalam bab sihir secara umum. Maka perjudian, penipuan dan sulap semuanya haram”. ( Syarh Aqidatus Salaf lis Shobuni, Nashirul Aql, 17/12)

Masih kurang ?

وقال النووى في الروضة اتيان الكاهن وتعلم الكهانة والتنجيم والضرب بالرمل والشعوذة وتعليمها حرام بالنص الصحيح

Imam An-Nawawi berkata dalam kitab Ar Roudhoh “Mendatangi dukun, mempelajari ilmu perdukunan, ilmu perbintangan, ramalan dengan pasir, sulap, dan mengajarkan sulap hukumnya haram dengan nash yang shohih” (Ar Raudhotul Faiha’ fi A’lamin Nisa’, Yasin Al-khotib, 87)

Lalu bagaimana profesi pesulap apakah penghasilannya halal ?

وما اكتسبه ابوك من السحر او الشعوذة مال حرام لا يجوز لك ان تقبل ما ينفقه عليك منه الا اذا كنت مضطرا لقبوله

“Harta yang diperoleh ayahmu dari hasil sihir dan sulap adalah harta yang haram yang tidak boleh kamu terima sebagai nafkah kecuali dalam kondisi darurat.” (fatawa asy-syubkah, 12/1008)

Sumber : Status Facebook Abdulloh Faizin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed