by

Amerika Kekurangan Uang Koin

Memang sedikit berbeda dengan di tanah air, di mana nilai tukar pecahan kecil sudah tidak berarti lagi. Saking kecilnya nilai tukar yang ada, sehingga pernah dalam suatu masa di mana dengan menggunakan permen sebagai pengganti. Sebagian toko retail di Amerika, mempunyai round-up program yang membulatkan jumlah yang harus dibayar ke satuan yang lebih tinggi. Sisa pecahan yang nanti terkumpul akan disumbangkan ke berbagai badan sosial kemanusiaan sebagai bagian dari kegiatan charity.

Sedikit intermezzo, kemarin sewaktu membahas tentang screen shot jumlah rekening si babeh Haikal Hasan Barras, saya membuat sedikit kesalahan dalam menganalisa. Karena pemakaian titik dan koma dalam menuliskan perhitungan jumlah di negara Amerika dan Indonesia memang sedikit berbeda. Di Amerika dan Canada, koma dipakai untuk memisahkan hitungan ribu atau juta, sedang di Indonesia dan belahan lain di dunia menggunakan titik sebagai pembeda. Tetapi menurut peraturan standard perbankan ISO 4217, dalam transaksi elektronik atau internasional terpaksa mengikuti gaya Amerika karena nilai tukar US Dollar yang cukup berkuasa.

Dulu sewaktu awal-awal pertama sekali berada di Amerika saya selalu terbalik-balik saat menuliskan tanggal dan jumlah nominal angka-angka. Sering lembaran check yang sudah ditulis dan terkirim, terpaksa harus dikembalikan karena tidak sah cara penulisannya. Tanggal 13 Juli yang ditulis 13/7 ternyata tidak dikenal di Amerika karena tidak ada bulan ke 13, seharusnya 7/13 saja. Sedang jumlah $1.010 dollar, ternyata dihitung satu dollar satu sen bukan seribu sepuluh dollar seperti yang saya maksud, karena seharusnya tidak menggunakan titik tetapi tanda koma.

Tabik.

Sumber : Status Facebook B. Uster Kadrisson

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed