Ahli Telematika: Foto Porno “Balada Cinta Rizieq” Asli

Sebelumnya, ahli face recognition dari Inafis Polri Hery Cahyono mengatakan, dari hasil pengenalan wajah terhadap foto yang tersebar di medsos identik dengan Firza Husein. Hery juga menyebut bahwa foto tersebut asli, bukan rekayasa.

“Ya, baik dari sistem algoritma yang saya sebut tadi, dia automatically, jadi hasilnya secara otomatis akan match,” tegas Hery kepada wartawan pada Senin 15 Mei malam.

Hery menjelaskan, pemeriksaan tersebut menggunakan metoda algoritma geometrik wajah dengan alat yang dimiliki Inafis. Ahli mencocokka foto-foto barang bukti dengan foto wajah Firza yang diambil langsung ketika pemeriksaan pada 4 Februari lalu di Mako Brimob.

“Jadi ketika kami mendapatkan barang bukti dari penyidik ada tiga keping CD, yang di dalamnya ada data-data berkaitan dengan foto-foto tersebut. Kita bandingkan pada saat itu tanggal 4 Februari kita melaksanakan pemeriksaan secara langsung, kita memotret wajah dari FH ini, kemudian kita membandingkan dengan sistem yang ada di kami,” terang Hery.

Hery menambahkan, pihaknya membandingkan foto yang diambil langsung dari Firza dalam kondisi berkerudung, ketika ditahan di Mako Brimob. Meski begitu, sistem algoritma geometrik wajah mendeteksi adanya kesesuaian foto di internet dengan foto Firza asli.

“Jadi, saya tekankan, algoritma geometrik wajah ini, dia mendeteksi. Jadi mungkin secara detailnya, ada sistem-sistem yang dia memetakan ada titik-titik geometrik wajah ini. Jadi meski pun dia berkerudung atau dia ada rambutnya, dia secara sistem bisa membaca seperti itu,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, pengambilan foto Firza tersebut diambil dari 8 angle yang berbeda. Sehingga pemeriksaan dari sistem algoritma geometrik ini memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi. 

 
(Sumber: Detik)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *