by

Adab Sebelum Ilmu

Oleh : Ahmad Sarwat

Agak susah sih membaginya, adab dulu baru ilmu atau ilmu dulu baru adab. Soalnya keduanya satu paket, harusnya bareng aja Orang disuruh beradab dulu sebelum berilmu. Padahal biasanya kalau nggak berilmu tidak beradab.Kan kepalanya kosong, nggak ada otaknya. Yang penuh tinggal sombong, takabur, riya’, benci, curiga, merasa diri paling benar, dan seterusnya. Orang kayak gini mana bisa diterima belajar agama.

Belum apa-apa gurunya pun dimaki-makinya. Mana ada guru yang sudi mengangkatnya jadi murid. Yang ada dia malah dikeluarkan, ridakdiakui sebagai murid oleh mantan gurunya sendiri, karena adabnya yang kelewatan kepada gurunya. Jadi dia tidak beradab karena dia tidak punya ilmu. Dia tidak punya ilmu karena dia tidak beradab. Adam ditinggikan derajatnya oleh Allah, karena adabnya atau karena Allah memberinya ilmu?

يرفع الله الذين ٱمنوا منكم والذين أوتوا العلم دراجاتYang ditinggikan derajatnya oleh Allah، yang beradab atau yang berilmu?قل هل يستوى الذين يعلمون والذين لا يعلمون؟

Katakan apakah sama orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu? Orang bodoh belum tentu beradab, bahkan kebodohan itulah penyebab utama ketidak-beradaban. oOoAyam sama telur, mana duluan? Nggak usah dipikirin. Dua-duanya makanan. Ada ayam dimakan. Ada telur ya dimakan. Kok malah meributkan mana duluan ayam dengan telur? Adab dan ilmu seiring sejalan. Adabnya baik berarti rajin belajar, rajin belajar pasti berilmu. Adabnya tidak baik, pasti ogah belajar, main melulu. Bagaimana mau berilmu kalau tidak mau belajar? Tidak mau belajar? Ya tidak beradab.

Nabi itu diutus bukan hanya ngurusin akhlaq doang. Qur’an turun 23 tahun dengan 6.236 ayat masak isinya cuma akhlaq doang? Bijimane sih ente?Lagian akhlaqnya nabi itu apa? Kata Aisyah akhlaqnya Nabi ya Al-Quran. كان خلقه القرٱن

oOo

Ilmu dan akhlaq itu satu paket. Jangan dipilah jangan dipisah. Kok senang banget ngatain orang berilmu tidak berakhlak?

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed