by

2 Tahun Jokowi, 7 Ruas Tol Trans Java Siap Dilewati

REDAKSIINDONESIA-Musim mudik tinggal hitungan jam. Masyarakat dapat memanfaatkan dua ruas tol baru yang telah diresmikan yaitu 

Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) sepanjang 20,20 kilometer, dan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV (Mojokerto-Krian) sepanjang 18,47 kilometer.
Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) juga akan membuka sementara empat ruas jalan Tol Trans Jawa pada tiga hari menjelang atau H-3 Lebaran.
Ruas pertama adalah Mojokerto Barat-Mojokerto Utara sepanjang 5 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Mojokerto-Kertosono. 
 
Kedua, ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo.
 
Kemudian ruas Solo-Sragen sepanjang 25 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Solo-Ngawi. 
 
Bahkan Jalur Alternatif Solo _ Sragen disiapkan bila macet

Selanjutnya, Tol Gempol-Pasuruan untuk ruas Bangil-Rembang sepanjang 7 kilometer.
 

Berhubung belum diresmikan dan beroperasi penuh, keempat ruas tol ini bisa dilintasi secara gratis oleh pemudik selama mudik dan balik Lebaran 2016.
 
Bagaimana kondisi empat ruas tol gratis tersebut?
 
Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com menyusuri keempat ruas tol baru yang digratiskan tersebut selama sembilan hari, mulai Sabtu (25/6/2016). 
 
Konstruksi Ruas Bawen-Salatiga baru mencapai 47,5 persen. Namun demikian, PT Trans Marga Jateng selaku pengelolanya membangun jalur alternatif berupa wet lean concrete (WLC) yang kemajuannya sudah mencapai 98 persen.
 
Berikutnya adalah ruas Solo-Sragen dengan progres pembangunan mencapai 99 persen dan siap difungsikan selama perpindahan temporer kaum urban ke kampung halaman masing-masing.
 
Sebagian besar jalur sudah dibeton, sebagian lainnya atau spot-spot sisa masih berupa lantai kerja (lean concrete)
 
Selanjutnya ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara yang baru mencapai 70 persen dengan beberapa spot sudah dibeton (rigid), sebagian lainnya masih berupa lean concrete (lantai kerja).
 
Terakhir ruas Bangil-Rembang yang konstruksinya mencapai 93 persen. Betonisasi sudah hampir menyeluruh dari ruas tol ini.

Sebelumnya pada tahun kemarin Tol Cipali yang belum selesai 100%, tahun ini sudah mulus dan full fasilitas. 

(Sumber: Kompas/Beritateratas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed