utang indonesia

Malaysia Berutang Rp3.500 T Terancam Bangkrut, Indonesia Berutang Rp5.000 T Tidak Bangkrut, Ini Alasannya

 
Nasib perekonomian Negeri Jiran pun di ujung tanduk. Warga Malaysia membuat gerakan aksi melunasi utang dengan cara iuran atau patungan. Ini dilakukan melalui sebuah situs crowdfunding. Aksi tersebut dilakukan setelah Perdana Menteri Mahathir Mohamad menyerukan pemotongan gaji para menteri sebesar 10% untuk kurangi utang yang mencapai 1 triliun ringgit. Langkah ini diikuti pula anggota parlemen pada sejumlah negara bagian di Malaysia.
 

Utang Indonesia Lebih Kecil dari Banyak Negara Lain

 

Sedikit demi sedikit pengelolaan negara ini diperbaiki. Semakin kecil peluang untuk korupsi dan memperkaya diri. Tak ada lagi cerita anak-anak presiden pegang proyek minyak, jalan tol, cengkeh atau lainnya. BBM yang mahal di Indonesia Timur tinggal kenangan. Listrik untuk saudara kita di pedalaman-pedalaman Papua akhirnya menyala. Semua diperjuangkan oleh pemerintah dengan berdarah-darah.

Utang Negara dalam Bahasa Warung

 

"Dari jaman orba kita dah utang melulu Pri." Jawab Cebi santai sambil meraih gorengan di depannya lalu menarik kursi dan duduk melepas jaketnya.

"Iya, tapi dulu jelas hasilnya, lu liat dong jalan yg kita pake sehari narik sampe kalo lu mudik ke Solo, emang bikinan sapa? Orba kan Ceb?" Ketus Kampri seraya mengambil piring.

Cari Tahu Tentang Utang Pemerintah

 
 
Utang diperbolehkan oleh UU Keuangan Negara (UU 17/2003). UU dibahas oleh DPR bersama Presiden dan jajarannya. Utang tetap dibatasi dalam batas aman berdasarkan kajian dan penelitian para ahli yg menetapkan maksimal 60% dari PDB. Artinya: Utang adalah KESEPAKATAN RESMI NASIONAL. Masak sih ada ASN atau PNS yang gak tahu hal ini? Kelewatan jeniusnya! 

Utang Pemerintah Nggak Karuan, Dengkulmu!

 

Semula saya beranggapan sakbahagianya dia ajalah. Malas saya debat saya orang yg gak level. Tapi lama kelamaan karena dia bolak balik “menyalak” soal itu-itu lagi, saya pikir saya perlu bikin status buat mengimbangi. Khususnya soal utang pemerintah, memang benar bahwa memiliki utang. Namun utang Indonesia itu merupakan utang yang produktif, dan jumlahnya tidak tergolong besar, bila dilihat debt to Gross Domestic Product (GDP), rasio Indonesia hanya 27%.

Membengkokkan Informasi

 

Membangun infrastruktur butuh duit. Salah satu sumbernya dari pinjaman. Makanya utang pemerintah meningkat. Tapi karena duitnya digunakan untuk hal produktif maka hasilnya nanti akan positif. Bandingkan misalnya, pada jaman SBY, lebih dari Rp300 triliun dana APNBN tersedot untuk subsidi energi. Cuma habis jadi asap knalpot.

Pages