islam

Jilbab, Pakaian Taqwa Seekaligus Ekslusifitas Kebencian

Ilustrasi

Hidup ini butuh biaya, behijab panjang butuh biaya, sholat butuh biaya, umroh butuh biaya, sekolah butuh biaya, bahkan untuk bertausyiah pun butuh biaya. Tidak ada aktifitas yang tidak membutuhkan biaya. Dan keseimbangan dalam hidup antara beribadah dan mencari uang sangat ditekankan baginda Rosul, bhw kita wajib mengejar dunia sekencangnya seolah2 akan hidup 1000 tahun lagi, dan kita wajib beribadah kepadaNya dengan giat seolah2 akan mati besok.

KeIslaman Joko Widodo Menurut Kesaksian Din Syamsuddin

Ilustrasi

"Shalat saya waktu itu sampai tidak khusyuk karena saya perhatikan benar itu shalat Pak Jokowi. Dari niat sampai salam, dan alhamdulillah semua benar dan tidak ada yang salah dengan beliau," kata Din seraya tertawa diiringi tepuk tangan peserta sidang Tanwir.

*Ini berita buat dibaca para pemilik Kapling Sorga yang gemar ngurusin ibadah dan iman orang lain. Baca baik2 berita ini!

Jago Silat Sekaligus Jago Ngeles

Ilustrasi

Murid : Hmm.. Mulai lagi, deh.. Eh, tapi bener juga, sih.. Tapi kok pake ngatain murid goblok sih, Eyang guru? Ga enak bener, ach..

Guru : Emang goblok ya gini ini. Sekarang saya tanya. Kalau Imam besar dah kasih contoh kayak gitu, apa salahnya kalo ditiru? Orang presiden aja boleh digoblok2in apalagi cuma murid. Mikir dong.. Pake dengkul juga boleh, yang penting mikiiiir...

Boikot dan Move On

Ilustrasi

Itulah cara-cara beradab dalam berkomunikasi dan bersikap. Anda tak bisa memaksa saya menganggap selesai persoalan yang sama sekali belum selesai. Anda tak becus kalau secara serampangan menuduh saya belum move on. Sebaliknya, kalian berhak menuding saya manusia sampah kalau setelah Si Dul minta maaf secara tulus saya masih juga uring-uringan dan merepet. Itu yang dinamakan belum “move on”, dodol.

Persekusi Lagi, Islam yang Mana?

Ilustrasi

I wish I was there. Saya akan lepas kerudung saya untuk menutupi si mbak. Dan pasang badan menghadapi orang-orang brutal itu. Hijab saya bukan pada selembar kerudung. Hijab itu ada pada sikap kita.

..lalu dimana suara mereka-mereka yang kemarin ribut dengan penistaan agama? Ini sungguh-sungguh bentuk penistaan agama di depan mata. Mana suara PKS. 212. Mana pula suara MUI. Muhammadiyah. NU.

Agama Artis

Ilustrasi

Jadilah mereka berkawin dengan sesama selebritis. Aktor yang pandai bicara soal agama. Artis yang bersangkutan berharap suaminya bisa membimbing dia ke " jalan yang benar." Namun ketika berumah tangga, artis itu menemukan keimanan suaminya sama dangkalnya. Akhirnya mereka bercerai. Artis tadi yang tadinya berjilbab menguraikan lagi rambutnya. Publik riuh rendah menghujat dan mendukung hingga sang artis merasa tertekan.

Tentang Isa, Maria dan Al Maidah

Ilustrasi

Saya suka tulisan-tulisan Nurcholis. Segenap sengkarut terasa sederhana ketika dipapar melalui tulisan dengan gaya bahasa sehari-hari. Apalagi beberapa tulisan di buku itu adalah transkrip pidato, paparan lisan, dan pengajaran di kelas. Alirannya enak diikuti, nyaman melegakan jika Anda bersedia membiarkan diri hanyut tanpa kecurigaan apa-apa.

Felix Siuaw, Muallaf yang Melampaui Batas

Ilustrasi

Felix Siauw adalah salah satu muallaf itu. Orang yang baru saja pindah agama dengan segala keterbatasan ilmunya. Ia murtad dari agama sebelumnya, dengan embel-embel telah mendapat pencerahan. Esok, bisa jadi ia pindah agama lagi jika mendapat pencerahan baru. Orang yang tidak memiliki kesetiaan beragama ini kemudian dijadikan jargon pemurnian agama. Seorang muallaf pendobrak. Ia menyalahkan pendiri bangsa, para ulama Aswaja. Mempertanyakan nasionalisme dan keislaman moderat.

Pages