A Yani Akan Jadi "Terminal" Terapung Pertama Di Indonesia

Ilustrasi

Oleh : Wahyu Sutono

Terminal baru Bandara International Ahmad Yani Semarang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Mei mendatang, yang itu artinya sudah bisa untuk melayani penumpang saat mudik Lebaran 2018.

Terminal baru ini merupakan terminal terapung pertama di Indonesia yang mengusung konsep eco-green airport, untuk mengatasi keterbatasan kapasitas daya tampung penumpang di terminal lama. Saat ini terminal lama Bandara Ahmad Yani hanya dapat menampung 800.000 penumpang.

Tetapi pada 2017 bandara tersebut telah menampung 4,4 juta penumpang. Jumlah tersebut terbukti melebihi kapasitas yang ada. Dengan adanya terminal baru, dapat menampung hingga 6 juta penumpang.

Terminal baru ini memiliki luasan area 58.652 meter persegi. Hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal eksisting yang hanya seluas 6.708 meter persegi. Luasan apron baru mencapai 72.522 meter persegi yang dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 2 pesawat wide body kargo.

Bandara International Ahmad Yani yang baru ini nantinya diposisikan sebagai bandara bisnis dan industri. Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan nilai total Rp 2,07 triliun.

"Salam NKRI Gemilang"

Sumber : Status Facebook Wahyu Sutono

Saturday, April 21, 2018 - 14:30
Kategori Rubrik: