Wanita-Wanita Penerus Bu SM dan Bu Susi Bermunculan

ilustrasi

Oleh : Sudrun Sugiono

Nama Silvia Halim mencuat ke hadapan publik setelah peresmian MRT pada Minggu (24/3) kemarin. Dirinya disebut-sebut sebagai Kartini baru di era modern. Silvia Halim adalah Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta. Sekaligus perempuan satu-satunya dalam jajaran profil direksi perusahaan yang bertanggung jawab penuh dalam pembangunan proyek. Perempuan yang lahir di Jakarta, pada tanggal 18 Juni 1982 itu merupakan tamatan Fakultas Teknik Sipil di Nanyang Technologycal University, Singapura. Sebuah jurusan akademis yang biasanya didominasi kaum pria.

Sebelum dipercaya menjabat sebagai Direktur Konstruksi di PT. MRT Jakarta pada 31 Agustus 2016 lalu, dirinya telah terlebih dulu berkarier selama 12 tahun di Land Transport Authority (LTA) Singapura.

Walaupun sudah berpangkat tinggi di Singapura ketika dipaparkan soal MRT Jakarta oleh pak BTP , beliau mengepak koper untuk pulang ke Jakarta walau tau gajinya tidak akan sebesar seperti penghasilannya di Singapura , tapi jiwa nasionalis nya tidak bisa dihargai dengan materi.

Sebagai Direktur Konstruksi proyek MRT, Silvia, bertanggung jawab dalam menjaga dan mengawal pekerjaan dari segi progress, kualitas, keselamatan dan keamanan proses pembangunan. Dalam menjalankan tanggung jawab tersebut, dia mengomandani 8 kontraktor, 6 kontraktor mengerjakan konstruksi untuk railway sistem, pemasangan track, persinyalan juga 1 kontraktor untuk supply kereta.

Selama pembangunan proyek berlangsung, Silvia nyaris tak pernah beristirahat. Beliau bahkan sempat mengaku bahwa dirinya tak pernah berani mengagendakan waktunya untuk liburan.

Pembangunan proyek MRT dimulai sejak tahun 2013 lalu, setelah sebelumnya nasibnya terkatung-katung tanpa kejelasan.

Banyak orang Indonesia yang belajar ataupun sudah bekerja dan berprestasi di luar negeri pulang kembali untuk membangun Indonesia. Mereka percaya bahwa di tangan pemimpin yang benar, negeri ini akan berjaya. Dan mereka tidak ingin tertinggal untuk menjadi bagian dari sejarah bangsa

Sumber : Status Facebook Sudrun Sugiono

Tuesday, March 26, 2019 - 08:00
Kategori Rubrik: