Virus Kegagalan

ilustrasi

Oleh : Abdul Wahab Ahmad

Kekeliruan banyak orang yang menyebabkan mereka gagal adalah karena mencari informasi dari orang-orang yang gagal. Orang gagal meskipun kadang memberi nasehat baik, bahkan ketika niatnya tulus mengingatkan dan mencoba menolong, tetapi biasanya tetap saja di dalam kata-katanya ada sedikit "virus kegagalan" yang bisa jadi tak disadari olehnya sendiri. Dan, "virus" ini bisa menular dengan cepat.

Beberapa jomblo jadi takut menikah dan beberapa pasangan muda rumah tangganya buyar di tengah jalan karena mereka mempunyai "konsultan rumah tangga" yang gagal membina rumah tangganya. Maunya ingin nasehat atau sekedar curhat, tetapi malah ikut gagal juga dalam berumah tangga. Andai mereka berkonsultasi pada pasangan yang bahagia dan romantis sampai tua, tentu pikirannya jadi terbuka dan tahu cara menghadapi berbagai masalah dalam rumah tangga.

 

Beberapa orang takut terjun dalam bisnis tertentu karena ia berkonsultasi pada orang yang gagal di bisnis tersebut. Niatnya ingin hati-hati, tapi malah tidak maju-maju. Andai mereka belajar pada orang yang sukses di bisnis tersebut, tentu mereka akan berani dan mendapat tips-tips bagaimana caranya supaya berhasil dan bagaimana caranya bangkit lagi ketika rugi.

Begitulah aturannya. Bila ingin bahagia, bergurulah pada orang yang bahagia dan ambil hikmah dari nasehat mereka. Bila ingin sukses, maka bergaullah dengan orang-orang sukses dan ikuti cara hidup mereka. Kalau tidak, maka yang ada hanya akan jadi orang gagal yang menghiasi kegagalannya dengan seribu alasan supaya dimaklumi.

Ingat, virus kegagalan itu menular dan seringkali tidak disadari. Jadi kalau ada orang gagal yang mencoba memberi "nasehat baik" tentang hal di mana dia sendiri gagal, maka segera abaikan.

Sumber : Status Facebook Abdul Wahab Ahmad

Tuesday, July 28, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: