Vaksin : Kenapa Mungkin Konspirasi?

ilustrasi
Oleh : Zulfikar Matin Effendi
Ayolah, sebelum joss vaksin, lurusin dulu definisi konspirasi. Kalau Anda masih menyatakan sinonim konspirasi adalah 'hoax', Anda masih mabuk.
Konspirasi itu sinonim terdekatnya adalah 'makar'. Apapun rencana dibalik makarnya, tapi makarnya NYATA, kagak hoax. Contoh: penyerangan WTC 9/11 aja Anda setuju itu konspirasi. Tapi gedung rubuhnya kan gak hoax, mayat dan korbannya nyata. Maka setelah bertahun2, baru dah ngerti muara konspirasi WTC sama hancur-leburnya timur tengah.
Nah, sekarang vaksin:
Anda pikir perusahaan farmasi yg tega jual paracetamol over-priced itu, akan melakukan NON-PROFIT manuver utk urusan vaksin? Ha. ha.
April tahun lalu, sumber-sumber kompeten aja masih bilang "vaksin covid setidaknya perlu 12 sampai 18 bulan lagi sampe ready". Lah, tiba-tiba Desember, 3-4 brand udah ready to joss.
 
angan polosan mencela kawan2 yg kritis ttg vaksin ini. Atau generalisir menerapkan narasi anak-anak yg bilang " vaksin ada chipnya" buat nyerang semua mereka yg belum mau divaksin sekarang-sekarang. Kalau Anda mau persuasif, ya ajaklah dengan celah yg lain.
Qadarullah saya pernah terinfeksi covid ini dua kali, Mei dan September lalu. Dua-duanya dengan symptom menengah, demam berat dan diare belasan hari. Alhamdulillah dengan rahmat Allah, Allah sembuhkan saya lagi. Ini alasan saya belum mau sukarela divaksin sekarang-sekarang. Trauma, bun!
Saya pribadi akan dan siap divaksin sekarang-sekarang dengan senang hati, JIKA: ada perlunya. Diantaranya, jika ada pangilan utk nyangkul lagi di luar negeri, atau kebutuhan buat umrah, dan diwajibkan vaksin. Ya joss aja, bismillah.
Atau yg kedua, kalau pemerintah wajibkan. Misal kalau gak mau, dipenjara. Kalau gak mau, gak bisa perpanjang sim. Dan lain sebagainya kayak pajak, ya tusuklaah.. Masak kagak.
Anda yg mati-matian bela vaksin yg udah hadir, sambil cela sana-sini yg masih ragu, kok segitunya sih?
Saya malah lebih tenang menunggu vaksin nusantara-nya dr. Terawan dkk.. Beliau ini dari dulu memang track recordnya dokter pinter. Cuma gak semua orang pinter bisa jadi pemimpin. Inget pak Habibie rahimahullah?
Intinya kaleum aja, om.. Anda mau pro-aktif joss vaksin sekarang, ya monggo. Tetangga Anda belum mau, dan pemerintah belum maksa,, ya Anda jangan maksa.
Gebyah uyah is everywhere.
Sumber : Status Facebook Zulfikar Matin Effendi
Tuesday, February 23, 2021 - 11:15
Kategori Rubrik: