Vaksin Corona dan Uji Klinis

ilustrasi

Oleh : Dahono Basuki

Ada 3 alasan Bu, Pertama China adalah Negara pertama kali yg mengalami puncak kasus Covid 19, dulu saat Negara lain masih adem ayem, China udah baku hantam dgn Corona, Saat ini di China grafik pandemi Corona mereka sudah melewati masa puncak, China dijadikan Role model penanganan Covid 19 dibeberapa Negara Dunia, Contoh PSBB di Indonesia lahir karena melihat Sistim Lockdown yg diterapkan di China tidak berjalan Efektif.

Dari 4 Fase Uji Klinis sebuah Vaksin, saat ini fase tertinggi yg sudah dilakukan adalah Fase Ke 3, Yakni pengujian vaksin terhadap Manusia, di Dunia baru ada 7 Vaksin yg berhasil lolos ke Fase 3 mereka adalah Sinovac berpusat di Beijing China, kedua Wuhan Institute of Bilogical product atau Sinopharm, ketiga Beijing Institute of Biological product juga dari Sinopharm. Mereka punya dua kandidat vaksin, BioNTech atau Fosun Pharma,

Berikutnya adalah Universitas Oxford bekerjasama dengan Astrazeneca, Moderna dengan NIAID dari Amerika, Universty of Melbeourn dan yang terakhir Murdoch Children's Research Institute.

Alasan ke dua, 4 dari 7 Vaksin yg masuk uji klinis tahap 3 semuanya dari China, dan sudah sejak lama Biofarma salah satu BUMN obat2an kita menjalin kerjasama penelitian dengan Sinovac, Jd wajar kalau yg di uji Vaksin nya dari China, lah kan kerjasamanya dengan China. Ibarat Ibu Nikahnya sama pak Bambang masak yg Ibu sekolahkan Anaknya pak Udin.

Alasan ke 3 karena semua Vaksin dari China statusnya sudah Mualaf, mereka bukan komunis lagi, sedangkan yang dari USA, Inggris dan Australia masih kafir, Vaksin nya ngak mau mengucap syahadat.

Sekian penjelasan sederhana dari saya semoga bermanfaat ya Bu....

Indahnya berbagi...

Sumber : Status Facebook Dahono Basuki

Sunday, August 9, 2020 - 17:15
Kategori Rubrik: