Utang Jokowi Versi Gamal Albinsaid

Oleh: De Fatah

 

Foto ini saya ambil dari twitternya dr.Gamal, Timsesnya Prabowo. Narasinya kesannya kasihan pada anak bangsa, tapi isinya ingin menunjukkan besarnya utang di era Jokowi, tapi cara ngitungnya sontoloyo.

Begini katanya, Presiden Soeharto meninggalkan utang 551,4 T. Dilanjutkan Habibie 938,8 T, kemudian Gus Dur 1.271,4 T dan Presiden Megawati 1.298 T.

 

 

Setelah Megawati, ia langsung loncat ke Jokowi 4.395,9 T. Yang ia tekankan Utang Jokowi 4.395,T jika dibagi jumlah penduduk, maka kita semua menanggung utang Jokowi.

Padahal setelah Megawati ada Presiden SBY, yang meninggalkan utang 3.727 T. Pak SBY Segede gaban kayak gitu, masak ia kagak kelihatan?

Kalau mau jujur, utang selama era Jokowi adalah utang yang sudah dipotong dengan utang terakhir ditinggalkan SBY sebesar 3.727 T.

Utang sekarang 4.395,T - utang SBY 3.727 T, jadi utang sebenarnya selama era Jokowi adalah 668 T.

Itu juga belum dipotong selama 5 tahun Jokowi bayar utang jatuh tempo Presiden sebelumnya. Belum lagi, manfaatnya utang zaman SBY dengan Jokowi, jelas terasa zaman Jokowi.

Proses utang tuh kayak gini, pemerintah usulkan utang ke DPR kemudian dibahas, yang ikut bahas didalamnya termasuk partai Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, dll.

Usulan utang bisa ditolak atau diizinkan DPR. Mereka ikut mengawasi penggunaan utang tersebut. Jika dianggap melenceng, maka mereka ajukan pemecatan terhadap Presiden.

Jadi, utang itu tidak mutlak maunya Presiden. Seluruh wakil partai oposisi dan pemerintah ikut serta memutuskan dan mengawasinya.

Jadi tidak perlu oposisi sok jagoan diluar parlemen masalah utang, tapi di dalam parlemen jadi ayam sayur.

Hal-hal kayak gini saja oposisi nggak mau jujur, nggak bisa adil dan nggak bisa waras. Gimana kita mau percaya oposisi?

Banyak Doktor, Profesor, Insinyur dan pemuka agama jadi goblok gegara Pilpres. Sekelas mereka saja bisa jadi goblok, apalagi yang sudah goblok beneran, bisa jadi pekok bin buyan.

-

 

(Sumber: Facebook De Fatah)

Monday, January 7, 2019 - 12:45
Kategori Rubrik: