Usia Manusia

ilustrasi

Oleh : Budi Santoso Purwokartiko

Google menggelontorkan dana trilyunan untuk sebuah proyek memperpanjang usia hidup manusia. Tahun 2012 Google menunjuk Ray Kurzweil (winner of the 1999 US National Medal of Technology and Innovation) menjadi direktur engineering. Lalu setahun kemudian didirikan perusahaan Calico yang misinya 'menyelesaikan persoalan kematian'.
Jika misi ini berhasil, usia manusia bisa diperpanjang atau kematian bisa diundur.

Seiring kemajuan sains, penuaan atau aging bukan lagi sebagai keniscayaan tetapi sebagai disease. Dan, bisa diobati atau diatasi.

Dr. David Sinclair meneliti di level sel, untuk menambah healthspan (dan lifespan/umur manusia). Ringkasnya untuk memperpanjang umur, buat sel tubuh selalu dalam kondisi alert dan terancam, jangan sampai sel masuk ke area comfort zone.
Sel tubuh harus sering merasa lapar, tapi tidak sampai level malnutrisi. Fasting (puasa) adalah cara membuat sel sering mengalami lapar, terutama puasa kalori (jadi tetap boleh minum).

Perlu membatasi asupan asam amino penyusun protein tubuh, jangan sampai berlebih, agar sel tubuh "merasa" asupan asam amino adalah langka. Makan daging membuat asupan asam amino berlebih. Vegetarian membuat asupan asam amino cukup, tidak berlebihan.

Olahraga dengan takaran cukup membuat sel tubuh berada pada kondisi krisis dan alert, yang justru memperpanjang rentang kesehatan.
Hidup di daerah dingin lebih baik ketimbang daerah panas, tubuh yang kedinginan ternyata baik untuk health span.
Ada suplemen bernama NMN (Nicotinamide Mononucleotide) yang bisa mempertahankan sel-sel tubuh tetap awet muda.

Ayah dari David Sinclair yang kondisinya loyo, jalannya tertatih, remautik pula, setelah minum NMN, 6 bulan kemudian bisa mendaki gunung dan main kayak/perahu. Bahkan tadinya pensiun, sekarang kembali kerja lagi.
Nah siapa ingin berumur panjang?

Sumber : Status Facebook Budi Santoso Purwokartiko

Sunday, December 8, 2019 - 10:00
Kategori Rubrik: