Update Covid-19, Sabtu 22 Februari 2020

Oleh:  Prayitno Wongsodidjojo Ramelan

Menulis analisis intelijen sangat sulit, karena akan berakhir menjadi sebuah prediksi. Nah, sementara analisis blm selesai, nulis fakta dahulu. Analisis yang paling logic, kalau virus tdk diinjeksi khusus, tdk terencanakan sebagai bagian dari proxy war, efek gentarnya tidak mendunia. Clandestine operation sulit dibaca, tetapi dapat teraba bagi mereka yg bisa membacanya. Belum juga usai, analisisnya. "Pukul yg lain, bebaskan Indonesia".

 

Fakta Pembacaan dari Sisi Umum

Indonesia betul-betul mendapat rahmat dan lindungan Allah dari serangan Virus Corona baru (Covid-19). Tidak terbayangkan dengan lalu lintas dan keberadaan cukup banyak WN China di Indonesia, Alhamdulillah, kita masih aman dari kasus virus corona. Dari beberapa sumber, terlihat betapa banyak negara2 lain serta WHO demikian gelisah, takut menghadapi teror virus yg tidak kasat mata tapi mematikan itu. inilah beberapa perkembangan informasi.

Hingga Sabtu (22/2/2020), Angka-angka terbaru menunjukkan lebih dari 1.500 kasus dan 15 kematian akibat virus telah dicatat di lebih dari 30 negara dan wilayah di luar daratan China sejak Desember 2019, CNN melaporkan.

Komisi Kesehatan Nasional China mengonfirmasikan pada Sabtu (22/2) pagi bahwa jumlah kematian akibat virus corona baru telah bertambah sebanyak 109 kematian menjadi total 2.345 jiwa (hingga Jumat).

Menurut CNN, semua kecuali tiga kematian daratan China terbaru terjadi di pusat utama virus di provinsi Hubei. Angka-angka terbaru menjadikan angka kematian global menjadi 2.360.

Sementara itu, kasus yang dikonfirmasi meningkat 397 pada hari Jumat, sehingga jumlah total kasus yang tercatat di daratan China menjadi 76.288. Otoritas kesehatan menyatakan sebanyak 20.659 pasien telah pulih dari virus dan telah dikeluarkan dari fasilitas medis.

Perkembangan Kasus COVID-19 Hingga Sabtu (22/2/2019) 

Berita menonjol terbaru tentang Covid-19 (Coronavirus) Korea Selatan melaporkan 87 kasus coronavirus novel baru dalam 24 jam menjadi 229 dan jumlah kasus terkonfirmasi di negara itu menjadi 433. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan, 62 dari 87 kasus baru terkait dengan kelompok agama Shincheonji, dan tiga kasus terkait dengan rumah sakit Cheongdo Daenam, di provinsi Gyeongsang Utara.

Protezione Civile, juru bicara Departemen Perlindungan Sipil Italia, Protezione Civile, mengkonfirmasi ke CNN Sabtu Pasien coronavirus novel kedua di Italia telah meninggal.

Iran mengkonfirmasi 10 kasus baru, total 28, serta kematian ke-5. Kianoush Jahanpour, juru bicara kementerian kesehatan Iran mengatakan, dari 10 kasus terbaru yang dilaporkan, dua didiagnosis di Teheran dan delapan di Qom. Menurut Associated Press, dua pasien lansia meninggal di Qom Rabu dan dua pasien Teheran mengunjungi atau memiliki hubungan dengan Qom.

Walaupun jumlahnya rendah, tetapi lonjakan kasus baru terdiagnosis virus corona di Iran meningkatkan kekhawatiran di kalangan pejabat kesehatan global bahwa wabah akan segera mencapai tingkat pandemi.

Tedros Adhanom Ghebreyesus
Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, 
"Kasus-kasus yang kita lihat di seluruh dunia, meskipun jumlahnya kecil, tetapi tidak terkait dengan Wuhan atau China, ini sangat mengkhawatirkan," katanya di Jenewa. 

Australia mengonfirmasi pads 22 Februari, enam orang yang dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang telah dites positif untuk virus corona baru, sehingga jumlah infeksi total Australia menjadi 21. Menurut Departemen Kesehatan pemerintah Australia, 10 pasien telah pulih dari penyakit tersebut.

Hanya 31 penumpang yang tersisa di kapal pada Sabtu (22/2) pagi setelah 253 orang yang dites hasilnya negatif baru diizinkan turun pada hari Jumat (21/12). Awak kapal sebanyak 924 orang juga tetap berada di atas kapal.

CNN melaporkan, kapal itu ditambatkan di Teluk Yokohama di lepas pantai Jepang sejak awal Februari. Hingga saat ini, kapal yang dilanda virus, menampung 3.600 awak dan penumpang pada saat kedatangan, terkait dengan setidaknya 639 infeksi coronavirus, .

Jepang melaporkan 12 kasus baru pada 22 Februari : Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang mengkonfirmasi Sabtu pagi bahwa diagnosa 12 kasus baru virus coronavirus, termasuk tiga remaja. Laporan terbaru jumlah total yg terinfeksi virus di Jepang 738, termasuk 99 di darat dan 639 dari kapal pesiar Diamond Princess.

Taiwan mengkonfirmasi 2 kasus baru pada Sabtu (22/2). Jumlah infeksi coronavirus baru Taiwan kini mencapai 26 kasus. Pasien yang paling baru adalah putri dan cucu dari pasien yang sebelumnya didiagnosis, dan tidak ada yang bepergian baru-baru ini.

Ada yang bertanya ke Pray, mengapa Indonesia aman2 saja dari Virus Corona baru ini? Jawabannya dari persepsi intelijen, atas Me, sebagai 'SiabidibaMe', adalah "karena Covid-19 tidak didorong ke Indonesia". 

 

(Sumber: Facebook Prayitno Ramelan)

Monday, February 24, 2020 - 09:15
Kategori Rubrik: