Unconventional Love

ilustrasi

Oleh : @wedwedwed

Alm. Papa dan alm. Mamaku beda agama. Katolik dan islam. Nikahnya dua kali. Pertama akad sm penghulu di rumah eyang dr mama, yg kedua di gereja katedral.

Sepanjang hidup mereka akur banget, gak pernah nyenggol2 soal beda agama. Sering banget dulu alm papa bangunin buat solat subuh. Ngajakin puasa bareng, karena kejawen ya sering puasa mutih, anak-anaknya puasa senin-kamis.

Pas kecil dulu sering banget ikut ke gereja, karena pas di gereja sering dikasih coklat sm koko atau cici. Namanya masih bocah ya seneng banget dikasih coklat kan yah. Sampe akhirnya kelas 4 SD mutusin buat ikut pesantren kilat di sekolah, dan gak pernah ke gereja lagi.

Setelah itu alm. Papa gak pernah masalahin kenapa gak ke gereja lg. Malah kalo pas mau ibadah pasti dikasi duit buat ngasih amal di masjid, dari kecil udah diajarin beramal. Sama kayak kolekte di gereja katanya. Dari kecil udah terbiasa sm keluarga yg beda agama.

Klo lebaran biasanya ngerayain ke rumah budhe yg muslim, klo natal kita berkunjung ke rumah pakdhe yg katolik. Enak dapet angpau dua kali setahun hehe

Waktu alm. Papa meninggal, mama ikhlas papa dimakamin secara katolik. Misa di rumah oleh orang lingkungan. Walaupun waktu itu kita sempet solat jenazah, karena mama pengen bgt doain papa pake caranya sendiri.

Beberapa bulan setelah papa gak ada, mama pernah bilang “Kamu klo mau nikah nanti sm yg beda agama, Mama gak apa apa, ikhlas. Yg penting kalian saling mencintai dan bahagia.”

Mungkin emang udah takdirnya bersatu, pas waktu kita selesai tahlilan 1000 harian papa (kita tahlilan 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari dan 1000 hari karena kita orang jawa) mama cerita klo dia mimpi diajak papa jalan-jalan ke binaria sm nonton di bioskop rivoli.

Binaria sm bioskop rivoli itu hits pada jamannya mereka gitu. Pas denger gitu kita semua anak anaknya langsung pasrah, klo mama pasti sebentar lg nyusul papa. Gak sampe seminggu ternyata beneran nyusul.

Sebelum gak ada, mama pesen klo pengen deketan sm papa. Ya akhirnya kita nyariin tempat yg sama kayak papa, cuma beda blok aja dipisahin sm jalan

Kisah dari pengguna twitter: @wedwedwed

Sumber : Status Facebook Rim

Tuesday, May 26, 2020 - 08:45
Kategori Rubrik: