UN, Inilah Pesan Mendikbud

REDAKSIINDONESIA-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan melanjutkan peninjauan hari pertama UN tingkat SMP/MTs dengan mengunjungi SMPN 30, Koja, Jakarta Utara. Anies berpesan, agar siswa tidak gugup mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia.

Tiba sekitar pukul 07.10 WIB, Senin (9/5/2016), Anies langsung meninjau ruangan kelas yang sudah dipenuhi siswa yang mengikuti UN.

"Nanti anak-anak tenang ya mengerjakannya, jangan sampai gugup," ujar Anies kepada siswa/siswi SMPN 30 Jakarta Utara.

Di sekolah ini siswa mengikuti UN Berbasis Komputer (UNBK) di empat ruangan. Jadwal UN terbagi dalam tiga sesi dengan jumlah siswa per kelas di tiap sesi sebanyak 26 siswa. 

Di sekolah ini, Anies juga berbincang dengan salah satu siswa bernama Novel. Kepada Anies, Novel mengaku senang bisa mengerjakan soal dengan komputer.

"Lebih enak sih karena lebih nggak bulet-bultetin, lebih hemat waktu. Klaau yang tulis itu kan 2 jam, lama banget. Ini bisa sejam lima menit, bisa lebih cepat," kata Novel.

Novel juga menyebut, sistem komputerisasi mencegah siswa mendapatkan bocoran atau pun  menyontek ke siswa lain dalam satu ruangan kelas.

"Jadi ngga bisa nyontek, nggak dapet bocoran. Paling kisi-kisi dari gurunya," imbuh dia.(detik.com)

 

Monday, May 9, 2016 - 08:30
Kategori Rubrik: