UMKM dan Covid 19

ilustrasi

Oleh : Raihan Lubis

Di tengah wabah Covid19, di tengah isu kota-kota yang terjangkiti akan dikarantina, di tengah gempuran naiknya harga dan pembatasan jumlah bahan pokok yang dapat dibeli, di tengah orang-orang kantoran yang sibuk 'work from home', - ada yang tetap bergerak menghidupkan roda ekonomi di satu daerah, mereka adalah para pelaku UMKM.

Saat ini, aku bagian dari puluhan ribu pelaku UMKM yang ada di Jawa Barat. Selain menjadi pelaku, aku dan Iffah Nur Arifah juga Tita Zen mencoba bersinergi dengan mereka melalui media www.lokalandepok.id yang kami bangun bersama.

Dalam laku ini, usaha roti canai frozen food yang kubangun sebulan terakhir, bukan hanya dapat membuka pintu rezeki bagiku, tapi juga bagi beberapa orang yang sudah menjadi reseller. Kebahagianku bukan itu saja, karena seonggok 'guilty feeling' yang selama ini mengendap di hati jika diminta bicara di depan para pelaku UMKM lenyap sudah- karena aku sudah menjadi bagian dari mereka dan merasakan betul bagaimana tersaruk-saruk, jatuh, bangun, jatuh lagi dan bangun lagi- dalam membangun bisnis sendiri.

Sekali lagi, di tengah wabah Covid19 ini, kami tetap berjalan beriringan, bahu membahu, bekerja sama, saling mengingatkan, sambil berusaha menjaga diri untuk tetap sehat- karena wilayah kerja kami berada di area-area yang menjadi episentrum sebaran Covid19. Doakan kami semoga sehat selalu. Aamiin.

Sumber : Status Facebook Raihan Lubis

Wednesday, April 8, 2020 - 10:30
Kategori Rubrik: