UMKM Dalam Asian Games 2018

Ilustrasi

Oleh : Muhammad Histiraludin

Pembukaan Asian Games semalam yang luar biasa tak lepas peran banyak pihak. Pemerintah juga melibatkan UMKM dalam perhelatan terakbar di Asia itu. Salah satunya adalah undangan VVIP dan souvenir nya.

Undangan itu dibuat oleh sentra kerajinan wayang kulit di Desa Kepuhsari Manyaran Wonogiri. Mereka sudah jauh-jauh hari dipesan dan diminta panitia membuatkan hanya khusus untuk Presiden, Kepala Negara Peserta Asian Games, Menteri, Komite Olimpiade dsb.

Undangan itu juga disertai dengan souvenir maskot Asian Games yakni Bhin Bhin si burung Cendrawasih, Atung si Rusa Bawean serta Kaka si badak bercula satu. Saat bertemu si pembuatnya, mbak Retno, dirinya tak menyangka terpilih sebagai pembuat undangan VVIP serta souvenirnya.

Dia tidak tahu ada berapa UMKM yang ikut mengajukan desain. Dia hanya diminta oleh orang Jakarta untuk mengajukan desain acara Asian Games. Ternyata, karya dirinya lah yang memenangkan lomba desain khusus untuk undangan.

Mbak Retno tidak memikirkan soal harga. Bagi dirinya ketika diminta membuatkan desain apalagi untuk ajang sebesar Asian Games, itu sudah sebuah penghormatan besar tidak hanya bagi dirinya namun bagi warga yang berasal dari Kepuhsari. Desa itu bahkan mentahbiskan diri sebagai Kampung Wayang. Ada banyak kerajinan disana, tidak hanya wayang kulit saja.

Seperti jamaknya penyelenggaraan acara internasional, kita berharap 3 sukses, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses ekonomi

Sumber : Status Facebook Muhammad Histiraludin

Sunday, August 19, 2018 - 15:30
Kategori Rubrik: