by

Typikal Anggota GroupWA

Oleh : Arham Rasyid

Paling males ngobrol di grup WA.

Sorry to say. Yang demen ngobrol, ya sah-sah saja. Ini cuma soal hobi atau beda persepsi. Atau mungkin juga karena pergeseran orientasi akibat faktor usia yang sudah beranjak pra manula. Haaasek..

Tiga hari lalu, umur nambah lagi. Udah tuwir begini kalo obrolan gak terlalu urgen, kadang kuatir jatuhnya wasting time. Apalagi kalo sudah ngalor ngidul, rawan kepeleset jari dan memicu ketersinggungan.

Punya puluhan grup WA; dari grup masjid, grup ngaji, grup relawan, grup nulis, jualan, lomba anak-anak, grup alumni SD, SMA, kuliah, komunitas, hingga grup tetangga kompleks. Ada yang berfaedah, ada juga yang nggak, misal grup bapack-bapack yang isinya nasihat-nasihat bijak tapi lebih sering disusupi hoax. Ini yang paling ngeselin.

Ada tipikal bapack-bapack yang hobinya nyepam atau share hoax di grup. Al-quran palsu lah, bayi bisa ngomong lah, atau kode rahasia dibalik kata korona, dll.

Mau dinasehatin tapi dilema, soalnya rata-rata seumur paman kita. Tipikal generasi minim literasi tapi secara zahir gak tampak ada salahnya, ini yang bikin dilema.

Mau diomelin, takut ntar dicap doraka. Pokoknya tipikal orang tua baik-baik yang biasanya rajin ngirim stiker “selamat pagi selamat beraktivitas”, menyapa kita dengan “Dinda” atau “sobat”, dan biasanya memulai info dengan “izin melaporkan”.

Tapi kalo share hoax, trus ditanya kebenarannya, biasanya ngaku cuma dapat dari grup sebelah. Hadeh, sebelah manaaaa?

Dari puluhan grup, yang saya aktif komenin cuma satu dua saja. Itupun sekadar ngucapin selamat, duka cita, atau sesekali tuker info. Bahkan di grup keluarga pun seperti itu.

Indikasi soft introvert? Mungkin juga. Wkwk..

Bukan jaim juga sih, tapi kalo semua aktif diladenin, gak ada pekerjaan yang beres. Semua bakal terdistraksi. Jadi kalo ada yang penting banget, mendingan japri.

Sampe detik ini saya belum menemukan formula kata-kata untuk pamit dari grup WA. Sementara itu, dimasukin mulu tanpa sanggup nolak. Malah ada yang seribuan chat belum dibaca.

Pamit karena memori full? Ah, alasan basi. Kan bisa hapus cache. No way out, lah pokoknya. Sebenarnya lebih dari itu, takut dighibahin kalo left tanpa sebab. Wkwk..

Teman dan jamaah, kalo ada yang punya tips keluar dari grup tanpa menimbulkan prasangka ataupun ketersinggungan, boleh dong dishare.

Grup di WA saya udah random soalnya. Banyak bangeeet. Ngumpul satu dua orang, eeh tetiba udah jadi grup baru lagi. Bahkan pernah dimasukin grup yang isinya cuma buat membahas salah satu anggota nyebelin di grup lama. Huuft..

Pernah juga, pulang dari kondangan, tetiba ada notifikasi dimasukin grup, dengan obrolan pembuka “gimana menurut kalian, rasa makanan di pesta si anu tadi”. Yaelah, mau ghibah ngajak-ngajak. Wkwk..

Kayak kemaren lagi nih, keliling nyari gas melon, tapi gak dapat-dapat, semua warung stoknya kosong. Trus ada bapack kompleks yang nyapa di jalan “loh, pak Arham gak dapat dari agen? Kan kemarin mobil gasnya baru bongkar”

“Waduh, mana saya tau, pak” Jawab saya. “Itu agen kalo bongkar muat biasanya belum satu jam sudah habis diserbu warga”

“Nah, pak Arham kayaknya ketinggalan. Kan ada grup WA-nya. Saya masukin, mau?”

Ya Allah.. Bapack-bapack penunggu jadwal gas pun ternyata ada grupnya. Apa coba yang gak ada?

Sumber : Status Facebook Arham Rasyid

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed