Tuhan Dalam Secangkir Kopi

Tuhan Dalam Secangkir  Kopi

Oleh : Denny Siregar

Bagaimana rasanya berada dalam keadaan gelap murni ?

Menakutkan... Hilang seluruh kesombongan diri ketika kita bahkan tidak mampu mendeteksi setitik-pun cahaya. Membayangkan bagaimana ketika indera penglihatan kita mendadak tidak berfungsi. Dada sesak, panik, pendengaran otomatis meningkatkan level-nya.

Berada di dalam sebuah gua, di kedalaman sekian meter di bawah permukaan bumi, jauh dari peradaban, jauh dari kecintaan materi yang menjadikan kita budak, jauh dari ke-aku-an diri sebagai seorang manusia, ternyata mendekatkan diri kita pada Tuhan.

Di kedalaman sana tidak ada agama, tidak ada kebanggaan golongan. Kita diajari memgenal diri kita sendiri lebih dalam dan manusia di sekitar kita. Mereka menjadi betul2 sebagaia saudara dimana kita saling menggantungkan hidup kita. Level spiritual meningkat tajam, menyentuh stalaktit jiwa yamg mengendap karena tetes kesombongan yang selalu kita pelihara.

Benar2 sebuah tantangan mengenal sisi gelap kita yang terdalam.

Rasanya menarik ketika satu waktu kita seruput secangkir kopi di dalam sana, mencari Tuhan.... Hidup itu bukan wisata, sebab ia sejatinya adalah petualangan.

Ada yang berani ?

- Gua Buni Ayu, Sukabumi -** (ak)

Sumber : facebook Denny Siregar

 

 

Sunday, May 8, 2016 - 11:00
Kategori Rubrik: