Tuduhan di atas Perjuangan

Oleh: Damar Wicaksono
 

Orang boleh menuduh macem-macem, ketemu pak Jokowi atau para pembantunya di kabinet, dibilang dapet proyek atau ambisi jabatan. Atau dibilang dapet duit..

Tapi saya temukan banyak sekali relawan adalah orang-orang dan sahabat yang jauh dari dua itu (ambisi proyek dan jabatan).

 

Sebagian dari mereka adalah para pengusaha UMKM. Yang idealis. Sangat jelas motivasi mereka.

Sejak media sosial booming pada kisaran 2010-2012, setidaknya ada 3 pilgub saya ikut "meramaikan": pilgub DKI 2012, Pilgub Jateng 2013 dan pilgub DKI 2017. Dan tentu saja pilpres 2014. Semua dengan keyakinan untuk memilih dan berjuang demi pemimpin yang menjanjikan pemerintahan yang bersih.

Pemerintahan yang bersih. Karena di masa lalu, korupsi dari pemerintahaan adalah bagian dari masalah yang membuat para pengusaha UMKM tak bisa berkembang lebih jauh.

Bagi para pengusaha UMKM, orang-orang semacam Jokowi, Risma, Ganjar atau Ahok memberi harapan terciptanya pemerintahan yang bersih. Yang pro penciptaan pengusaha dan lapangan kerja. Rekam jejak mereka dalam jabatan sebelumnya menjadi acuan. Yang bisa membuat mereka berkembang dan menjadi besar.

Sangat keliru jika relawan punya motivasi proyek atau jabatan. Karena yang diperjuangkan adalah adanya tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan. Tak ada lagi suap dalam proses tender atau pengurusan perijinan usaha, misalnya.

Jika pemerintahan daerah sudah bersih dan berjalan profesional, maka pengusaha bisa menjalankan bisnis dengan tenang. Peluang penciptaan lapangan kerja yang jauuuh lebih banyak akan semakin besar. Juga penciptaan pengusaha-pengusaha baru dari anak-anak muda. Yang tertarik berbisnis karena tak lagi akan resah diperas oknum pemerintah, swasta atau ormas

Itulah tujuannya mendukung orang-orang baik menjadi pemimpin daerah atau nasional. Bukan demi jabatan atau proyek.

Jadi untuk para relawan yang tulus dan lurus berjuang, biarkan orang sinis atau tak suka dengan ikhtiar kita semua. Atau menuduh macem-macem. Kayaknya malah bukan dapet duit. Kalo keluar duit iya :).

Demi terpilihnya orang-orang baik, menyumbang 1 juta atau 25 juta adalah resiko perjuangan. Lihatlah 90 M sumbangan yang terkumpul dari rakyat untuk Jokowi menjadi Presiden. Atau 60 M yang terkumpul untuk Ahok dalam 3 bulan ini. Sungguh menggetarkan melihat pengorbanan teman-teman.

Untuk itu..
Lanjutkan perjuangan! 

 

(Sumber: Status Facebook Damar Wicaksono)

Tuesday, February 7, 2017 - 14:00
Kategori Rubrik: