Tren Covid Dunia Turun?

ilustrasi
Oleh : Arya Hadi Darmawan
Update 28.02.2021
(Membaca data)
USA, India, Perancis, Italia, dan Polandia memperlihatkan tingkat infeksi Covid 19 harian yang masih pada level puluhan ribu per hari. Namun, secara umum trend-infeksinya per hari (di negara-negara episentrum covid 19 itu), terus turun.
Sementara, Indonesia, angka kasus infeksi hariannya mulai turun ke angka 6-8 ribuan per hari. Sebelumnya, angka infeksi harian bertengger di kisaran 10-12 ribuan per hari. Turun dengan sangat perlahan. Meski sesekali ada gejolak, tetapi Indonesia terus turun angka kasus hariannya. Demikian juga, walau ditandai fluktuasi dan gejolak, semua negara di dunia boleh dikata, menunjukkan adanya trend kasus covid 19 harian yang terus menurun.
Bila melihat angka sembuh harian disandingkan dengan angka kasus infeksi harian, maka kita dapati angka kasus aktif per hari. Angka untuk Indonesia, pun mulai turun ke bawah sepanjang Februari 2021. Kurvanya mulai bengkok ke bawah menandakan bahwa yang sembuh lebih banyak daripada yang terinfeksi.
Semoga masa puncak pandemi sudah kita tinggalkan. Kini kita mengawal terus angka penurunan. Tetap tidak lengah.
Jika terus turun, mudah-mudahan akhir tahun ini, sekolah-sekolah mulai bisa tatap muka. Kuliah pun bisa mulai tatap muka walau tetap dengan protokol kesehatan. Presiden RI bahkan ingin berupaya lebih kuat lagi, agar mulai Juli 2021, kegiatan sekolah dan kampus mulai sedikit agak normal.
Bagaimanapun, sektor pendidikan amat-sangat terpukul oleh Pandemi. Kualitas pendidikan dasar, menengah hingga tinggi, semuanya drop-merosot signifikan sepanjang pandemi. Semoga kini, mulai sedikit ada titik cerah walau samar-samar. Layaknya pesawat yang meninggalkan ketinggian jelajah, maka kini kita mulai "menuju landasan".
Kita akan terus membaca data...
Salam akhir pekan
Sumber : Status Facebook Arya H Dharmawan
Monday, March 1, 2021 - 09:00
Kategori Rubrik: