Tragedi SJ 182

ilustrasi
Oleh : Fadly Abu Zayyan
Berikut Analisis Kecelakaan Pesawat SJ182 oleh Capt. Gema Goeyardi dari 14DayPilot Flight Academy. Beliau adalah orang yang memang kompeten dibidangnya.
Hipotesanya adalah, tidak ada pembajakan di dalam pesawat. Yang terjadi yaitu, pesawat meluncur bebas sambil mengalami spin (perputar) ke arah kiri dengan posisi moncong menghadap ke bawah.
Kemudian terdapat keanehan, dimana saat terjun bebas, pesawat sempat climb (naik) sesaat dan mengalami stall (posisi vertikal dengan moncong menghadap atas) sebelum menghantam laut.
Saya jadi ingat cerita dari kawan yang seorang pejabat di Bank Plat Merah sekitar 15 tahun lalu. Dia mengatakan bahwa institusinya pernah mengalami "File Corrupted" gara-gara peremajaan atau penggantian piranti IT dengan sebuah brand dari luar negeri. Mereka mencurigai ada sesuatu yang diselipkan ke dalam unit CPU sehingga mampu mencuri data secara diam2.
Kemudian saya juga sering membaca iklan piranti GPS anti maling yang biasanya dipakai oleh pengusaha rental kendaraan bermotor. Berikut ini contohnya:
"GPS anti maling dapat cek riwayat perjalanan dan cek lokasi terakhir. Matikan mesin jarak jauh. Bisa untuk mobil dan untuk sepeda motor.
Tanpa mengurangi rasa empati dan duka yang mendalam, kini pikiran2 Paranoid mulai hinggap di benak saya. Mudah2an ini menjadi asumsi yang keliru. Dan saya hanya ingin pemerintah lebih waspada dan sebaiknya mengevaluasi moda transportasi udara kita.
Bahkan jika perlu, lakukan penguatan produksi dalam negeri. Apalagi kini sudah ada pesawat terbang "Made in Indonesia" yang telah memiliki sertifikasi. Semoga..
Sumber : Status Facebook Fadly Abu Zayyan
Wednesday, January 13, 2021 - 11:00
Kategori Rubrik: