Tol Padang - Pekanbaru Dilengkapi Terowongan

Ilustrasi

Oleh : Narko Sun

Dari Padang ke Pekanbaru saat ini ditempuh dalam 9 (sembilan) jam perjalanan. Jalan tol akan memangkas waktu tempuh itu hingga tinggal sekitar 3 (tiga) jam saja.

Hari Jum’at kemarin, Presiden Jokowi meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu. Panjangnya 244 kilometer dengan biaya pembangunan Rp 78 triliun.

Di ruas jalan tol Padang - Pekanbaru ini juga akan dibangun beberapa terowongan yang panjang totalnya hampir sembilan kilometer, menembus perut pegunungan Bukit Barisan. Ini akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia, biayanya saja sembilan triliun rupiah!

Jalan tol Padang-Pekanbaru akan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing. Bila rampung di tahun 2023, jalan tol ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap perekonomian Sumatera Barat dan sekitarnya. Bukan hanya soal pengangkutan produk-produk, tapi juga memudahkan akses wisatawan ke keindahan Sumatera Barat yang begitu lengkap: religi, budaya dan alamnya.

"Kalau kita ingin memenangkan persaingan dengan negara lain yang sangat fundamental dan sangat mendasar, yang pertama harus kita kerjakan adalah infrastruktur.

Karena dengan infrastruktur inilah biaya transportasi dan biaya logistik akan jauh lebih murah.."

Sumber : Status Facebook Narko Sun

Sunday, February 11, 2018 - 21:30
Kategori Rubrik: