Tips Menghilangkan Stres Karena Pasangan?

Stres dalam menjalin hubungan dengan pasangan merupakan hal yang pasti hinggap dalam perjalanan hidup seseorang. Terlebih jika seseorang tersebut tidak dapat mengatasi stres, hal tersebut dapat menyebabkan hubungannya kandas di tengah perjalanan. Oleh karena itu, bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi stres karena pasangan?

Anna Phillips dari Universitas Birmingham, menjelaskan stres yang dihadapi oleh pasangan dipengaruhi oleh banyak faktor. Baik faktor internal, maupun faktor eksternal, keduanya memengaruhi keadaan psikis tiap individu.

Anna menjelaskan bersosialisasi dengan sekitar adalah salah satu cara menghilangkan stres dengan pasangan. Berdasarkan Journal of Epidemiology and Public Health, dan Copenhagen Social Relations Questionnaire, bersosialiasi dengan sekitar, mengikuti kelompok komunitas, dan menjalankan hobi kesukaan dapat membuat kondisi psikis individu tersebut menjadi lebih baik.

Mempunyai jalinan hubungan dengan sosial yang baik juga disebutkan oleh Professor Cary Cooper. Sebagai ahli kesehatan dari Universitas Lancester, Prof. Cooper menjelaskan setidaknya ada 5 cara untuk menghilangkan stres dengan pasangan, diantaranya:

  1. Menjadi aktif, berolahraga atau aktivitas fisik lainnya dapatmengurangi stres dan membuat Anda lebih tenang saat menghadapi masalah
  2. Take control, keyakinan akan solusi dalam menghadapi masalah, membuat Anda dengan mudah menyikapi masalah dengan pasangan
  3. Membangun hubungan sosial, mendapatkan bantuan dari orang lain merupakan salah satu solusi dari cara menghilangkan stres dengan pasangan
  4. Menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Prof. Cooper menjelaskan, terlalu banyak berhubungan dengan orang juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat stres. Oleh karena itu me time menjadi penting untuk dilakukan
  5. Hindari gaya hidup buruk, merokok dan minum alkohol bukan solusi untuk cara menghilangkan stres. Hal tersebut dijelaskan oleh Prof. Cooper, bahwa merokok dan minum alkohol malah memperburuk keadaan.

Selain membangun hubungan sosial dan ikut berkontribusi di sana, mempelajari karakter masing-masing individu tiap pasangan juga penting. Hal ini terkait dengan penjelasan dari Susan Heitler Ph.D. Susan menjelaskan saling menghargai dan menghormati tiap pendapat individu dan karakternya merupakan solusi dari stres karena pasangan.

Kemudian, Susan juga menjelaskan, mendengarkan adalah langkah awal yang baik sebagai tindakan preventif stres karena pasangan.

Melengkapi penjelasan dari Susan, Thomas Bradbury Ph.D juga ikut menjelaskan solusi dari cara menghilangkan stres dengan pasangan. Thomas menjelaskan apresiasi terhadap apapun yang pasangan lakukan, merupakan bentuk tindakan preventif dan tindakan yang menyembuhkan konflik dengan pasangan.

Selain itu, Thomas menyatakan bersikap kreatif dalam menghadapi masalah dengan pasangan, merupakan sikap wajib yang harus dimiliki oleh para pria. Pria akan cenderung bersikap alpha, oleh karena itu, apa yang pria katakan, biasanya menjadi acuan dalam langkah penyelesaian masalah dengan pasangannya.

Berdasarkan penjelasan dan data di atas, cara menghilangkan stres dengan pasangan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun, apakah Anda mempunyai cara sendiri untuk mengatasi stres dengan pasangan?

 

sumber: https://www.selasar.com/gaya-hidup/bagaimana-cara-menghilangkan-stres-karena-pasangan

Thursday, November 5, 2015 - 23:00
Kategori Rubrik: